Home > Budaya

Rahasia Orang Jawa Legowo dan Nrimo Ternyata Memegang Erat Falsafah Hidup dari Leluhur

Masyarakat Jawa pun berpegang teguh pada falsafah hidup yang menjadi penuntun jalan kehidupan.

5. Aja gumunan, aja getunan, aja kagetan, aja aleman
Jangan mudah heran, mudah menyesal, mudah terkejut, dan manja. Filosofi ini mengajarkan orang Jawa untuk menerima keadaan sehingga tidak membuat masalah untuk diri sendiri dan orang lain.

6. Ngunduh wohing pakarti
Semua orang akan mendapatkan akibat dari segala perilakunya sendiri. Jadi, kita tidak perlu menyalahkan dan mencari kesalahan orang lain karena bisa saja itu adalah akibat dari apa yang kita lakukan sendiri. Jadi, kita harus ingat untuk berhati-hati dalam betindak.

7. Sapa nandur, bakalan ngunduh
Orang Jawa percaya karma, karena itu falsafah siapa yang menanamkan kebaikan akan mendapatkan hasil yang baik pula. Karena itu orang Jawa percaya, jika banyak menanamkan kebaikan akan mendapatkan balasannya suatu hari nanti.

BACA JUGA: Berapa Kecepatan Tornado yang Menghancurkan Rancaekek Bandung?

8. Ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana
Petuah para leluhur orang Jawa adalah anak keturunannya harus pandai menjaga kehormatan diri, baik dari lisan atau pakaian. Karena penampilan dan ucapan mempengaruhi penilaian orang lain kepada diri kita.

9. Ojo kuminter mundak keblinger, ojo cidro mundak ciloko
Orang Jawa diajarkan untuk tetap rendah hati, sehingga diminta untuk tidak merasa paling pintar agar tidak salah arah. Jangan suka berbuat curang jika tidak mau celaka.

10. Sak bejo-bejone wong kang lali isih bejo wong kang eling lan waspodo
Orang yang paling beruntung adalah yang selalu ingat kepada Tuhan. Petuah ini disampaikan orang Ronggowarsito.

BACA JUGA: Sejarah Kemunculan Copet di Jakarta

11. Becik kethitik ala ketara
Kebaikan akan terlihat dan kejahatan juga akan terlihat. Karena itu, orang Jawa diajarkan selalu berbuat baik sebanyak-banyaknya. Karena perbuatan buruk bisa saja terbongkar walau sudah disembunyikan, kecuali atas kebaikan Tuhan.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image