Home > News

Berapa Kecepatan Tornado yang Menghancurkan Rancaekek Bandung?

Angin tornado minimal kecepatan angin mencapai 70 km/jam.
Angin tornado menghancurkan Rancaekek Bandung. Foto: Republika.
Angin tornado menghancurkan Rancaekek Bandung. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Badai tornado mengamuk di kawasan Rancaekek, Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/2/2024). Pakar Klimatologi dari Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr Erma Yulihastin melalui akun X/Twitter pribadinya menyebutkan peristiwa yang terjadi merupakan badai tornado, bukan puting beliung.

"Dalam kasus puting beliung yg biasa terjadi di Indonesia, hanya sekitar 5-10 menit itu pun sudah sangat lama. Hanya ada satu kasus yg tidak biasa ketika puting beliung terjadi dalam durasi 20 menit di Cimenyan pada 2021," kata Erma.

Efek tornado menurut Erma berbeda dengan puting beliung. Dijelaskan Erma, tornado punya skala kekuatan angin lebih tinggi dan radius lebih luas.

"Angin tornado minimal kecepatan angin mencapai 70 km/jam. Dalam kajian kami di BRIN, angin puting beliung terkuat: 56 km/jam," rincinya.

BACA JUGA: Cak Nun Sebut di Muhammadiyah Hukum Rokok Terbelah Jadi Dua

Dinukil dari pemberitaan Kidnews.id, kecepatan angin tornado bisa mencapai 100 hingga 300 mph dan menyebabkan kekacauan di darat. Namun tornado biasanya hanya berlangsung beberapa menit dan jarang menempuh jarak lebih dari 10 atau 20 mil di permukaan tanah.

Dinukil dari situs NASA, tornado dapat menempuh jarak ribuan mil dan berlangsung selama beberapa hari atau pekan. Selama masih "hidup", tornado akan mengangkut sejumlah besar panas dari permukaan laut ke troposfer atas atau bahkan stratosfer bawah. Meskipun badai hanya terjadi secara sporadis, badai ini mempengaruhi sirkulasi atmosfer global secara terukur, meskipun hal ini masih merupakan bidang penelitian yang aktif.

Dampak dari tornado tersebut Pemkab Sumedang menetapkan status tanggap darurat...

× Image