Home > Humor

Cak Nun Sebut di Muhammadiyah Hukum Rokok Terbelah Jadi Dua Mazhab

Cak Nun menyebut di Muhammadiyah ada mahzab Malikiyah dan Syafiiyah.
Cak Nun. Menurut Cak Nun, Muhammadiyah terbelah menjadi dua mazhab soal hukum rokok. Foto: Republika.
Cak Nun. Menurut Cak Nun, Muhammadiyah terbelah menjadi dua mazhab soal hukum rokok. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun saat ini masih dalam perawatan di RSUP Dr Sardjito setelah mengalami sedikit pendarahan otak. Bicara Cak Nun, ada begitu banyak kisah dan humor yang pernah diceritakannya. Salah satu cerita lucu yang disampaikan Cak Nun adalah soal hukum rokok di Muhammadiyah.

Seperti diketahui, hampir semua warga Muhammadiyah tidak merokok. Namun juga diketahui ada beberapa orang Muhammadiyah yang menjadi perokok berat, seperti Prof Malik Fadjar.

BACA JUGA: Puasa Asyura Hari Jumat, Haruskah Puasa di Hari Sabtu? Ini Penjelasan Muhammadiyah

.

Satu waktu, Cak Nuh meledek mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin tentang hukum rokok. Cak Nun berkata tidak lazim kalau kiai NU tak merokok.

Sementara di Muhammadiyah, menurutnya ada dua mazhab tentang hukum merokok. Dua mazhab itu adalah Muhammadiyah Malikiyah dan Muhammadiyah Syafiiyah.

BACA JUGA: Gus Baha: Yang Mengharamkan Sebut Rokok Itu Kencingnya Setan

"Malikiyah boleh merokok karena Pak Malik Fadjar merokok terus. Kalo Muhammadiyah Syafiiyah itu tidak boleh merokok karena Pak Syafii Maarif tidak merokok,” ujar Cak Nun saat berjumpa dengan Din Syamsudin di acara tahlilan tujuh hari wafatnya Gus Sholah yang digelar pada Februari 2020.

Tak hanya warga Muhammadiyah yang jadi guyonan, Cak Nun juga meledek Din Syamsuddin soal hukum rokok. Pak Din diketahui sebagai ulama Muhammadiyah yang tidak merokok.

BACA JUGA: Mengapa Orang Muhammadiyah Sholat Id di Lapangan Bukan di Masjid?

“Nah Pak Din itu merokok kalo hanya Dji Sam Soe. makanya kalo ketemu dia sapa Din Samsu Din. Namanya aja Syamsuddin,” ujar Cak Nun dengan nada bercanda yang disambut tawa jamaah.

Kiai NU pernah ditegur satpam hotel gara-gara merokok...

× Image