Home > Budaya

Rahasia Orang Jawa Legowo dan Nrimo Ternyata Memegang Erat Falsafah Hidup dari Leluhur

Masyarakat Jawa pun berpegang teguh pada falsafah hidup yang menjadi penuntun jalan kehidupan.
Pakaian Jawa. Orang Jawa memegang teguh falsafah dari leluhur agar hidupnya bahagia. Foto: Republika
Pakaian Jawa. Orang Jawa memegang teguh falsafah dari leluhur agar hidupnya bahagia. Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Budaya Jawa menjadi salah satu budaya paling tua di Indonesia. Masyarakat Jawa pun berpegang teguh pada falsafah hidup yang menjadi penuntun jalan kehidupan.

Makna dari falsafah tersebut sangat kuat, sehingga wajar rasanya jika masyarakat Jawa masih terikat kepada ajaran para leluhurnya. Berikut 10 falsafah hidup orang Jawa:

1. Alon-alon waton kelakon
Makna dari falsafah ini adalah jangan terburu-buru. Memang orang Jawa terkenal dengan istilah pelan asal selamat. Mungkin terdengar sederhana, tetapi punya makna mendalam karena diminta untuk berhati-hati, waspada, dan ulet dalam berusaha menjalani kehidupan.

2. Urip iku urup
Hidup harus berguna untuk orang lain, terutama orang-orang di sekitar. Falsafah ini mengajarkan agar sering berbagi sehingga di dalam kehidupan memiliki manfaat. Hidup harus menyala.

BACA JUGA: Harimau Jawa Masih Ada, Mitos atau Fakta?

3. Nerimo ing pandum
Ikhlas bagi orang Jawa adalah pelajaran pertama dalam hidup. Orang Jawa diminta ikhlas menjalani kehidupan sehingga tidak menjadikan diri serakah.

4. Ngluruk tanpa bala, menang tanpa ngasorake, sekti tanpa aji-aji, sugih tanpa bandha
Menyerbu tanpa bala tentara, menang tanpa merendahkan, kesaktian tanpa ajian, kekayaan tanpa kemewahan merupakan arti dari filosofi ini. Orang Jawa diajarkan untuk menjadi pemberani walaupun harus berjuang sendirian.

Karena itu orang Jawa yang merantau ulet dalam bekerja sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu orang Jawa pandai bersyukur dan selalu menjaga wibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan, kekayaan, atau keturunan.

Tujuh falsafah orang Jawa lainnya adalah...

× Image