Home > Legenda

Harimau Jawa Masih Ada, Mitos atau Fakta?

Tidak ada lagi habitat untuk harimau dapat hidup di taman nasional, cagar alam, atau suaka margasawta yang dapat menampung harimau jawa.
Harimau Jawa. Keberadaan harimau jawa sampai kini masih misterius, meski sudah dinyatakan punah tetapi banyak pihak percaya
Harimau Jawa. Keberadaan harimau jawa sampai kini masih misterius, meski sudah dinyatakan punah tetapi banyak pihak percaya "Mbah Loreng" masih hidup. Sumber:Dok Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Meski sudah dinyatakan punah oleh sejumlah ilmuwan pada 1980-an, keberadaan harimau jawa hingga kini masih misterius. Apalagi banyak desas-desus yang menyatakan "Mbah Loreng" masih hidup tersembunyi di sejumlah hutan di pulau Jawa.

Keberadaan harimau jawa tersebut membawa sejumlah pihak terseret dalam penelitian panjang demi mendapatkan bukti jika spesies kucing besar tersebut masih lestari. Peneliti harimau jawa, Didik Raharyono, contohnya. Dia dikabarkan terus mengumpulkan bukti bahwa harimau jawa belum punah, meski status satwa tersebut sudah diumumkan sejak tahun 1980-an.

BACA JUGA: Berapa Kecepatan Tornado yang Menghancurkan Rancaekek Bandung?

Pegiat Organisasi Peduli Karnivora Jawa (PKJ) terus memperjuangkan untuk membuktikan harimau jawa belum punah. Didik dikabarkan telah melakukan penelitian mandiri untuk mengumpulkan bukti-bukti tersebut, yakni dengan menjelajahi hutan di Pulau Jawa hingga taman nasional.

Pegiat lingkungan yang kini tinggal di Kabupaten Kuningan itu masih memperjuangkan upaya menemukan karnivora besar yang merupakan sub spesies dari harimau sunda itu. Harimau jawa (Panthera tigris sondaica) secara ilmiah telah dinyatakan punah sejak 1980-an. International Union for Conservation of Nature (IUCN) and Natural Resources Red List menyatakan statusnya "extinct" atau punah.

BACA JUGA: 4 Negara yang Benderanya Pakai Warna Merah Putih Mirip Indonesia

Namun tidak semua orang percaya jika harimau jawa masih hidup. Meskipun banyak cerita masyarakat yang mengaku pernah berpapasan dengan harimau jawa.

× Image