Home > News

4 Negara yang Benderanya Pakai Warna Merah Putih Mirip Indonesia, Apa Saja?

Sejumlah negara memakai bendera berwarna merah dan putih seperti sang saka merah putih.
Bendera Merah Putih Indonesia. Ada sejumlah negara yang memakai bendera berwarna merah putih seperti Indonesia. Foto: Republika.
Bendera Merah Putih Indonesia. Ada sejumlah negara yang memakai bendera berwarna merah putih seperti Indonesia. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sang saka merah putih berkibar gagah di semua wilayah Republika Indonesia saat HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/2023). Tapi tahukah Sedulur warna merah putih ternyata juga dipakai sejumlah negara dari Eropa hingga Asia sebagai warna bendera.

Dari Eropa ada Monako, Polandia, dan Austria yang memakai komposisi warna merah dan putih. Sementara di Benua Amerika ada Greenland, dan dari Asia ada negara Singapura yang punya kemiripan dengan bendera Indonesia.

BACA JUGA: Sama-Sama Berwarna Merah Putih, Ini Bedanya Bendera Indonesia dengan Bendera Monako

.

Bendera Monako punya kemiripan dengan bendera merah putih. Foto: Republika.
Bendera Monako punya kemiripan dengan bendera merah putih. Foto: Republika.

1. Monako

Negara Eropa Barat ini yang punya bendera paling mirip dengan Indonesia. Selain komposisi warna merah dan putih tanpa ada variasi lain.

Namun tetap ada perbedaan antara bendera Monako dengan bendera Indonesia. Salah satunya skala atau ukuran bendera. Indonesia punya skala bendera 2:3, sementara Monako 4:5.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Bendera Bintang Kejora OPM Berkibar di Papua, Anggap Saja Umbul-Umbul Sepak Bola

2. Singapura

Singapura punya warna bendera yang mirip dengan Indonesia. Komposisi warna merah di atas dan putih di bagian bawah sama persis dengan Sang Saka Merah Putih.

Namun tentu saja ada perbedaan. Pada warna merah bendera Singapura ada gambar bulan sabit dan lima bintang berwarna putih.

Simbol bulan sabit dan lima bintang berwarna putih di bendera tetangga Indonesia itu bukan tanpa makna. Lima bintang itu merupakan lambang lima prinsip Negeri Singa, yaitu demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan, dan kesaksamaan.

BACA JUGA: Benarkah Hormat dan Mencium Bendera Merah Putih Masuk Perbuatan Syirik? Ini Penjelasan Muhammadiyah

Selain itu ada juga Polandia dan Greenland

× Image