Home > Sejarah

4 Patung Bersejarah Warisan Soekarno di Jakarta, Ada yang Disebut Sebagai Simbol PKI

Soekarno membangun sejumlah patung di Jakarta yang bertahan hingga hari ini.
Patung Pahlawan atau dikenal Patung Pak Tani. Foto: Dok Republika.
Patung Pahlawan atau dikenal Patung Pak Tani. Foto: Dok Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sebagai seorang yang memiliki gelar insiyur, Soekarno punya selera seni tinggi. Presiden pertama RI itu membantu pembangunan Jakarta dengan kepiawaiannya dalam bidang arsitektur. Jika saat ini akan dibangun patung Soekarno di Walini-Bandung setinggi 100 meter dengan nilai Rp 10 triliun, Soekarno mewarisi sejumlah patung yang berdiri dan menghiasi sejumlah titik di Ibu Kota.

Ada sejumlah patung yang menghiasi jalan atau taman-taman di Ibu Kota merupakan peninggalan Soekarno, atau setidaknya pesanan Bung Karno. Contoh patung yang paling ikonik adalah Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI).

BACA JUGA: Kejamnya Jepang Saat Jajah Indonesia, Tahanan Ditusuk Besi Panas dan Jadi LGBT di Penjara

.

Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Foto: Republika.
Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Foto: Republika.

1. Monumen Selamat Datang (Bundaran HI)

Pada 1962 Indonesia menjadi tuan rumah Asean Games IV. Saat itu Soekarno memerintahkan berbagai macam pembangunan, seperti Stadion Gelora Bung Karno di Senayan yang dibuat dalam waktu singkat. Untuk menyambut para atlet peserta Asean Games IV, Soekarno membangun sebuah monumen di Bundaran Hotel Indonesia dengan nama Patung Selamat Datang.

Patung Selamat Datang juga menjadi penanda pusat pemerintahan Indonesia yang sempat pindah dari Yogyakarta kembali ke Jakarta. Monumen ini dibangun salah satu seniman kesayangan Soekarno Henk Ngantung. Namun pengerjaan patung itu kemudian dilanjutkan dan diselesaikan pematug Edhi Sunarso.

BACA JUGA: Ditipu Orang China Makan Babi, Kiai Asnawi: Alhamdulillah Saya Jadi Tahu Rasanya Daging Babi

Nomor dua adalah patung yang berada di salah satu jantung kota Jakarta, Pancoran... >>>

× Image