Home > Legenda

Harimau Jawa Masih Ada, Mitos atau Fakta?

Tidak ada lagi habitat untuk harimau dapat hidup di taman nasional, cagar alam, atau suaka margasawta yang dapat menampung harimau jawa.

Harimau Jawa. Keberadaan harimau jawa sampai kini masih misterius, meski sudah dinyatakan punah tetapi banyak pihak percaya
Harimau Jawa. Keberadaan harimau jawa sampai kini masih misterius, meski sudah dinyatakan punah tetapi banyak pihak percaya "Mbah Loreng" masih hidup. Sumber:Dok Republika

Tak Ada Bukti Harimau Jawa Masih Hidup

Pegiat konservasi satwa liar Indonesia, Tony Sumampau, contohnya. Dia meragukan kepercayaan sejumlah masyarakat tentang masih adanya habitat untuk satwa harimau jawa (Panthera tigris sondaica).

"Kalau menurut saya, tidak ada lagi habitat untuk harimau dapat hidup di taman nasional, cagar alam, atau suaka margasawta yang dapat menampung harimau jawa kalau memang benar harimau jawa masih ada," kata Tony yang juga koordinator imum Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) di Bogor, Jawa Barat, Senin (13/11/2023), seperti dinukil dari Republika.

BACA JUGA: Kalau Haram Dimakan, Mengapa Babi Tetap Allah Ciptakan?

Dia pun yakin jika pendapat beberapa kalangan yang percaya harimau jawa masih ada, pastinya mereka akan berkonflik dengan manusia. Karena itu, bukti penampakan harimau jawa pun akan kerap terlihat.

"Mana ada lagi hutan yang tidak ada manusianya di Jawa," kata Tony yang juga komisaris Taman Safari Indonesia (TSI).

Meski harimau jawa sudah punah, menurut Tony, di pulau jawa masih memiliki spesies kucing besar lainnya, yakni macan tutul jawa (Panthera pardus melas). Ia menjelaskan macan tutul jawa merupakan subspesies macan tutul yang sebarannya sangat terbatas, hanya di Pulau Jawa. Macan tutul jawa hidup di Jawa Barat, Kangean, Nusa Kambangan, dan Pulau Sempu.

BACA JUGA: 4 Patung Bersejarah Warisan Soekarno di Jakarta, Ada yang Disebut Patung PKI

Sementara harimau jawa merupakan karnivor terbesar yang pernah hidup di Pulau Jawa. Jenis ini dulunya terpantau di Jampang Kulon, Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Pangrango, Yogyakarta, Probolinggo, Blitar, Banyuwangi, Tulungagung, hingga Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image