Home > Sejarah

4 Patung Bersejarah Warisan Soekarno di Jakarta, Ada yang Disebut Sebagai Simbol PKI

Soekarno membangun sejumlah patung di Jakarta yang bertahan hingga hari ini.

Patung Pahlawan atau yang dikenal dengan Patung Tani. Foto: Republika.
Patung Pahlawan atau yang dikenal dengan Patung Tani. Foto: Republika.

3. Patung Pahlawan (Patung Pak Tani)

Salah patung warisan Soekarno adalah Patung Pak Tani. Patung ini menjadi salah satu patung kontroversial karena pada masa pecahnya G 30 S/PKI, patung itu ada di bawah bayang-bayang pembongkaran. Pasalnya PKI saat itu mengusulkan agar sipil, buruh dan tani dipersenjatai. Patung Pahlawan ini pun disebut bersinggungan dengan PKI.

Sebenarnya nama patung tersebut adalah Patung Pahlawan, bukan patung Pak Tani. Alasan patung tersebut dikenal sebagai Patung Pak Tani gara-gara patung tersebut berwujud seorang pria dengan topi camping layaknya seorang petani namun menggotong sebuah senjata. Di sampingnya terlihat seorang perempuan yang membawa bekal makanan.

BACA JUGA: Rumah Tempat Soekarno-Hatta Bacakan Teks Proklamasi Ternyata Sudah Rata dengan Tanah

.

Soekarno terinspirasi membuat patung ini ketika ia berkunjung ke Moskow, Rusia pada akhir 1950. Saat itu Soekarno amat terkesan dengan patung-patung di Moskow.

Presiden Rusia pada saat itu mengenalkan Presiden Soekarno kepada pematung terkenal di Rusia, Matvei Manizer, dan anaknya, Otto Manizer. Kedua pematung itu kemudian diundang ke Jakarta untuk merancang sebuah patung yang melambangkan semangat kemerdekaan.

BACA JUGA: Sejarah Piala AFF dan Asal Usul Sepak Bola Gajah di Piala Tiger

Patung terakhir berada di Lapangan Banteng...>>>

× Image