Home > Sejarah

Hari Tani Nasional: Krisis Beras di Zaman Jepang Bikin Rakyat Indonesia Kelaparan

Sebagai negara agraris, Indonesia pernah mengalami krisis beras salah satunya ketika zaman Jepang.

Anak Indonesia mengalami gizi buruk.
Anak Indonesia mengalami gizi buruk.

Di masa akhir pendudukan Jepang, untuk membeli beras orang harus membawa uang di bakul karena begitu tidak berharganya uang. Pokoknya, jangan sampai terjadi lagi kesulitan ekonomi seperti pada jaman Jepang.

Harga beras dan kebutuhan pokok juga meroket pada masa Bung Karno. Harian Sin Po edisi 3 Januari 1960 mengumumkan pemerintah menaikkan harga bensin sebesar 94 sen per liter dari harga lama 1,6 perak menjadi dua perak per liter.

BACA JUGA: MP3 Juice: Download Lagu (MP3) dari YouTube, Cepat dan Mudah Save di HP

Pemerintah Jepang juga memperingatkan para pengusaha angkutan tidak boleh menaikkan tarif angkutan. Ketika itu, harga rokok putih seperti Escort, Kansas, Kresta dan Lancer, 7,5 perak per bungkus. Sedangkan Commodore dan Wembley 9,5 perak.

Rupanya, akibat kenaikan bensin, timbul keresahan dalam masyarakat, terutama akibat kenaikan harga beras. Hingga Menteri Inti Distribusi Dr Leimena menganjurkan agar rakyat tenang. Sementara, Bung Karno mengatakan, gerutuan rakyat sekarang ialah mangan sandang dan bukan bersandang pangan.

BACA JUGA: SssTiktok: Download Video TikTok tanpa Watermark Gratis Sepuasnya Mudan dan Aman Simpan di HP

Sedangkan PM Juanda yakin pemerintah telah meletakkan fondasi sehat dalam bidang ekonomi, ketika menanggapi terjadinya kenaikan harga-harga. Harian Sin Po (11/1-1960) memberitakan bahwa beras di Surabaya menghilang dari pasaran. Kalaupun ada harganya sudah melonjak antara 10-11 perak per liter.

Pada Desember 1961, banyak masyarakat yang makan bubur atau makan nasi campur jagung, karena tingginya harga beras. Namun saat itu Bung Karno yakin Indonesia adalah negara yang makmur gemah ripah loh jinawi. Karenanya, pada pidatonya, 17 Agustus 1964, ia memerintahkan untuk tidak impor beras lagi. Sementara, harga beras makin melonjak.

BACA JUGA: Download Lagu MP3 dari YouTube Pakai MP3 Juice: Cepat, Gampang,dan Aman untuk Simpan di HP

.

TONTON VIDEO PILIHAN:

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
>
FreeMP3Downloads: Gratis Download Lagu MP3 dan MP4, Cukup Ketik Judul Lalu Save di HP

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

> Download Lagu MP3 Gratis dari YouTube Pakai MP3 Juice Lalu Simpan di HP: Cepat dan Mudah

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image