Home > Wisata

6 Pulau di Kepulauan Seribu yang tidak Kalah Indah dari Lombok dan Bali

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok dan Bali untuk menikmati keindahan pantai dan kesyahduan matahari terbenam.
Kepulauan Seribu. DKI Jakarta memiliki wisata pantai dan laut yang tidak kalah indah dari Lombok dan Bali. Foto: IST.
Kepulauan Seribu. DKI Jakarta memiliki wisata pantai dan laut yang tidak kalah indah dari Lombok dan Bali. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sejumlah pebalab MotoGP terpesona dengan keindahan pantai dan pulau di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun, bagi Sedulur (sapaan pembaca setia Kurusetra) yang tidak sempat pergi ke Lombok karena kekurangan waktu, apalagi kekurangan biaya, tidak perlu sedih. Sebab Jakarta juga punya sejumlah wisata pantai yang keindahannya boleh diadu dengan Lombok.

Wisata pantai itu adalah Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu adalah bagian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis, Kepulauan Seribu memiliki total wilayah seluas 4.745,62 km2 yang terdiri dari 8,76 km2 daratan, dan terdiri lebih dari 110 pula.

BACA JUGA: Sujiwo Tejo Mendalang Wayang di Acara PKS: Terima Kasih Menampilkan Barang Haram Ini

Kepulauan Seribu terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Wilayah ini terbagi menjadi enam kelurahan, yaitu Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.

Di sana Sedulur akan menemukan berbagai macam penduduk multi etnis dari berbagai latar belakang agama, adat istiadat, serta seni budaya. Bukan hanya keberagaman saja yang ditawarkan Kepulauan Seribu, tetapi juga keindahan alam laut dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang menarik banyak pengunjung domestik maupun internasional.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Orang Arab Keterlaluan, Mosok "Begituan" di Tempat Suci

Nah, bagi Sedulur yang ingin menikmati keindahan alam yang luar biasa indah tanpa harus jauh-jauh naik pesawat, kami rekomendasikan enam pulau di Kepulauan Seribu yang bisa Sedulur sambangi:

× Image