Home > Sejarah

Di Tanggal Soekarno Meninggal, Jokowi Lahir ke Dunia, Kebetulan atau Takdir Tuhan?

Soekarno meninggal dunia di Jakarta pada 21 Juni 1961, sementara Jokowi lahir di Solo pada 21 Juni 1970.

Soekarno Wafat, Jokowi Lahir dengan Selamat

Siapa sangka di tanggal yang sama dengan kematian Soekarno, lahir seorang anak laki-laki di Solo, Jawa Tengah. Berasal dari keluarga sederhana, anak laki-laki yang diberinama Joko Widodo itu lahir dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi.

Joko Widodo lahir dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Ia merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Ia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Jokowi sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki bernama Joko Lukito, tetapi meninggal saat persalinan. Sebelum berganti nama, Joko Widodo memiliki nama kecil Mulyono.

BACA JUGA: Belanda Akhirnya Akui Indonesia Merdeka 17 Agustus 1945,

Ayahnya berasal dari Karanganyar, sementara kakek dan neneknya berasal dari sebuah desa di Boyolali. Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah.

Dengan kesulitan hidup yang dialami, ia terpaksa berdagang, mengojek payung, dan menjadi kuli panggul untuk membiayai sendiri keperluan sekolah dan uang jajan sehari-hari. Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki.

Mewarisi keahlian bertukang kayu dari ayahnya, ia mulai bekerja sebagai penggergaji di umur 12 tahun. Jokowi kecil telah mengalami penggusuran rumah sebanyak tiga kali. Penggusuran yang dialaminya sebanyak tiga kali pada masa kecil mempengaruhi cara berpikirnya dan kepemimpinannya kelak setelah menjadi Wali Kota Surakarta saat harus menertibkan permukiman warga.

BACA JUGA: Alasan Warga Muhammadiyah Sholat Subuhnya tak Pakai Doa Qunut

Setelah lulus SD, ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta.[32] Ketika ia lulus SMP, ia sempat ingin masuk ke SMA Negeri 1 Surakarta, namun gagal sehingga pada akhirnya ia masuk ke SMA Negeri 6 Surakarta.

Jokowi menikah dengan Iriana di Surakarta pada 24 Desember 1986, dan memiliki 3 orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka (1987), Kahiyang Ayu (1991), dan Kaesang Pangarep (1994).

Pertama kali terjun ke dunia politik, Jokowi langsung terpilih menjadi Wali Kota Solo pada 2005. Kemudia dia maju pada Pilgub DKI Jakarta pada 2012 dan terpilih bersama Wagub Basuki Tjhaja Purnama (Ahok).

BACA JUGA: Mandi Wajib Habis Adzan Subuh Apakah Puasa Ramadhannya Sah?

Dua tahun memimpin Ibu Kota, Jokowi maju pada Pilpres 2014 bersama Jusuf Kalla. Duet Jokowi-JK pun memenangkan Pilpres 2014 hingga masa jabatan 2019.

Pada 2019, Jokowi kembali maju sebagai capres di Pilpres 2019. Kali ini Jokowi berduet dengan KH Ma'ruf Amin. Jokowi-Ma'ruf pun terpilih menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image