Home > Sejarah

Siapa Sebenarnya Siti Latifah Herawati Diah, Sampai-Sampai Sosoknya Jadi Google Doodle

Siti Latifah adalah seorang jurnalis perempuan legendaris Indonesia.
Siti Latifah Herawati Diah. Jurnalis legendaris Indonesia, Siti Latifah Herawati Diah muncul sebagai Google Doodle, Ahad (3/4/2022). Foto: tangkapan layar.
Siti Latifah Herawati Diah. Jurnalis legendaris Indonesia, Siti Latifah Herawati Diah muncul sebagai Google Doodle, Ahad (3/4/2022). Foto: tangkapan layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sosok tokoh pers nasional, Siti Latifah Herawati Diah muncul di halaman utama Google Search sebagai sebagai Google Doodle Ahad (3/4/2022). Kemunculan Herwati itu bertepatan dengan hari ulang tahun tokoh pers nasional itu 105 tahun yang lalu.

Namun siapa Siti Latifah Herawati Diah?

Siti Latifah adalah seorang jurnalis perempuan legendaris Indonesia. Ia adalah istri dari tokoh pers dan mantan menteri penerangan Indonesia, Burhanuddin Mohammad Diah (BM Diah). BM Diah adalah pendiri media legendaris, Harian Merdeka.

BACA JUGA: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan 2022

Herawati lahir pada 3 April 1917 di Tanjung Pandan, Belitung dan meninggal pada usia 99 tahun, tepatnya 30 September 2016 yang lalu. Sebelum terjun ke dunia jurnalistik, Herawati mendulang ilmu di Europeesche Lagere School (ELS) atau sekolah dasar zaman Hinda Belanda di Salemba, Jakarta. Ia lalu melanjutkan pendidikan di American High School, Tokyo, Jepang.

Tak hanya itu, Herawati juga sempat belajar sosiologi dan jurnalistik di Barnard College yang berafiliasi dengan Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat. Di sana ia lulus pada tahun 1941.

Satu tahun setelahnya atau 1942, Siti Latifah Herawati Diah pulang ke Indonesia. Ia bekerja sebagai wartawan lepas kantor berita United Press International (UPI), dan melanjutkan karier sebagai penyiar radio di Hoso Kyoku.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Kaget Salam untuk Ahli Kubur Ada yang Menjawab, Ternyata Ibu-Ibu Pengajian

× Image