Home > Sejarah

Mohammad Natsir, Bapak NKRI

Mohammad Natsir mengajukan Mosi Integral di Parlemen RIS pada 3 April 1950.

Pada HUT Republik Indonesia kelima, 17 Agustus 1950 Presiden Bung Karno mengumumkan lahirnya NKRI. Dalam pidatonya dia menyatakan, “Hari ini 17 Agustus 1950 berdirilah kita sudah atas bumi negara kesatuan yang tidak mengenal negara bagian dan tidak mengenal RIS melainkan hanya mengenal satu Republik Indonesia saja, dengan satu daerahnya, satu undang-undang dasarnya, satu pemerintahnya.” (ada yang mengatakan ini semacam Proklamasi Indonesia kedua).

Paham sekuler menganggap keberadaan Islam di Indonesia biang masalah. Yang lebih menyakitkan mereka menyebut umat Islam tidak memiliki jasa dan andil terhadap kemerdekaan dan perjuangan bangsa Indonesia. Mosi Integral Natsir, pada 3 April 1950 ini bisa menjadi pengungat jika semua itu salah.

Pemerintah RI pun telah mengakui jasa besar Mohammad Natsir untuk bangsa Indonesia. Pada tahun 2008, Mohammad Natsir, pendiri dan Ketua Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) yang pertama, mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional. Salah satu jasa besarnya adalah mengembalikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Gus Baha: Rokok Haram, Tapi...

> Haramkan Bekerja di Perusahaan Rokok, Ustadz Khalid: Sampai Kapan Anda Mau Makan yang Haram

> Humor Gus Dur: Di Pesantren Santri Dilarang Merokok, Kalau Kiai Boleh

> Sujiwo Tejo: Babi Saja Buatan Tuhan Diharamkan, Apalagi Wayang Buatan Manusia

> Sama-Sama Ditolak GP Ansor dan Bermarga Basalamah, Apakah Ustadz Khalid dan Ustadz Syafiq Kakak Adik

> Siapa Sebenarnya Sarinah, Sampai-Sampai Namanya Jadi Nama Mal Pertama di Indonesia

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

CEK DAN SIMPAN JADWAL PUASA RAMADHAN DARI KURUSETRA:

 Jadwal Imsak dan Sholat Lima Waktu Ramadhan 2022. Foto: Kurusetra.
Jadwal Imsak dan Sholat Lima Waktu Ramadhan 2022. Foto: Kurusetra.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image