Home > Hikmah

Cerita UAH Mencium Harumnya Makam Mbah Moen yang Jasadnya Tetapi Utuh Setelah 4 Tahun Dimakamkan

Jasad Mbah Moen dikabarkan masih utuh setelah empat tahun meninggal dunia.
Mbah Moen. Ulama asal Rembang, Mbah Moen meninggal dunia pada 2019 dan dimakamkan di Pemakaman Ma'la, Mekkah. Foto: Republika.
Mbah Moen. Ulama asal Rembang, Mbah Moen meninggal dunia pada 2019 dan dimakamkan di Pemakaman Ma'la, Mekkah. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kerajaan Arab Saudi membongkar makam di Komplek Pemakaman Ma'la, Mekkah setiap empat tahun sekali. Tahun ini sejumlah makam yang sudah berusia empat tahun pun dibongkar, salah satunya makam ulama Indonesia, KH Maimoen Zubair (Mbah Moen). Namun, setelah dibongkar, jasad Mbah Moen dilaporkan masih utuh meski sudah empat tahun dikebumikan.

Mbah Moen meninggal pada Selasa, 5 Agustus 2019 di Makkah Al-Mukarramah saat menjalani ibadah haji. Artinya sudah hampir empat tahun Mbah Moen meninggal dunia. Sebelum kabar jasad Mbah Moen masih utuh, kabar menggembirakan juga disampaikan Ustadz Adi Hidayat (UAH). Saat itu UAH berziarah ke makam Mbah Moen di Ma'la.

Saat berziarah ke makam Mbah Moen bersama sejumlah teman, UAH menceritakan mencium wangi harum. "Saya bersaksi demi Allah, Anda boleh catat kalimat saya ini. Saya kemarin waktu ke Mekkah, Alhamdulillah Allah tunjukkan beberapa (kebaikan)," kata UAH dalam suatu pengajian.

.

BACA JUGA: 3 Ulama Indonesia yang Jadi Imam di Masjidil Haram Mekkah

UAH saat itu berziarah ke Pemakaman Ma'la, termasuk ke makam KH Maimun Zubair dan ibunda umat Islam Sayyidah Khadijah radhiyallahu anha. Saat berdoa kebaikan di makam Mbah Moen, UAH mencium wangi yang sangat harum.

"Ini tidak apa-apa disampaikan, memang saya mengalami dan saya menyampaikan. Begitu saya melewati pemakaman lalu di makamnya itu (makam Mbah Moen) kemudian kita di situ berdoa kebaikan. Kita kalau (mendoakan) sama ulama nggak mungkin meminta ampunan, adabnya begitu, tapi tambahan kemulian, tambahkan cahaya. Dan setelah itu selesai (berdoa)," kata UAH merawikan.

Jenazah Mbah Moen. Umat muslim mengangkat jenazah KH Maimun Zubair (Mbah Moen) seusai dimandikan di Masjid Muhajirin Khalidiyah, Mekkah, Selasa (6/8/2019).  
Jenazah Mbah Moen. Umat muslim mengangkat jenazah KH Maimun Zubair (Mbah Moen) seusai dimandikan di Masjid Muhajirin Khalidiyah, Mekkah, Selasa (6/8/2019).

BACA JUGA: Polemik Wayang Haram, Mbah Moen: Cerita Pewayangan Selipkan Keteladanan

Usai berdoa, UAH mencium wangi harum dari makam Mbah Moen...

× Image