Home > Budaya

11 Falsafah Hidup Orang Jawa yang Bikin Hidup Bahagia

Orang Jawa dikenal menghormati petuah-petuah bijak para leluhur.
Orang Jawa memiliki falsafah hidup yang dipegang teguh dan ajarkan kepada anak turunan. Foto: Republika.
Orang Jawa memiliki falsafah hidup yang dipegang teguh dan ajarkan kepada anak turunan. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Masyarakat Indonesia memiliki falsafah atau filosofi hidup yang dipegang teguh warganya. Budaya Jawa salah satu yang memiliki falsafah hidup yang masih dipegang teguh masyarakatnya yang terbentuk menjadi sebuah kebudayaan.

Falsafah Jawa memiliki makna yang dalam. Bagi Sedulur yang berdarah Jawa pasti diminta para orang tua untuk mengikuti falsafah hidup para leluhurnya.

1. Alon-alon waton kelakon
Makna dari falsafah ini adalah jangan terburu-buru. Memang orang Jawa terkenal dengan istilah pelan asal selamat. Mungkin terdengar sederhana, tetapi punya makna mendalam karena diminta untuk berhati-hati, waspada, dan ulet dalam berusaha menjalani kehidupan.

.

BACA JUGA: Asal Usul Tradisi Tahlilan dan Yasinan di Malam Jumat, Cara Wali Songo Dakwahkan Islam di Tanah Jawa

2. Urip iku urup
Hidup harus berguna untuk orang lain, terutama orang-orang di sekitar. Falsafah ini mengajarkan agar sering berbagi sehingga di dalam kehidupan memiliki manfaat. Hidup harus menyala.

3. Aja gumunan, aja getunan, aja kagetan, aja aleman
Jangan mudah heran, mudah menyesal, mudah terkejut, dan manja. Filosofi ini mengajarkan orang Jawa untuk menerima keadaan sehingga tidak membuat masalah untuk diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA: Mitos Gerhana Bulan Bikin Orang Jawa Ketakutan

× Image