Home > Hikmah

Benarkah Orang Muhammadiyah Anti Ziarah Kubur?

Muhammadiyah tidak melarang ziarah kubur.
Ziarah kubur. Orang Muhammadiyah disebut anti-ziarah kubur atau nyekar. Foto: Republika.
Ziarah kubur. Orang Muhammadiyah disebut anti-ziarah kubur atau nyekar. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Di tengah-tengah masyarakat, khususnya umat Islam, berkembang jika Muhammadiyah melarang ziarah kubur atau nyekar. Karena itu nyaris tidak ditemui warga atau orang Muhammadiyah yang rajin ziarah kubur karena disebut ormas Islam yang didirikan KH Ahmad Dahlan tersebut menilai ziarah kubur sebagai perbuatan syirik. Benarkah demikian?

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Syafiq A. Mughni mengatakan semua tudingan tersebut adalah manipulasi informasi yang mungkin sengaja disalahgunakan untuk melakukan pembelaan terhadap tradisi-tradisi yang juga mendapatkan banyak kritik. ”Tidak ada larangan ziarah kubur di Muhammadiyah dan Islam. Yang diharamkan itu bukan ziarahnya. Akan tetapi seringkali ziarah dipakai masyarakat untuk berwasilah pada yang mati,” kata Syafiq dalam Kajian Ramadhan 1438 Hijriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) bertema ‘Implementasi Ideologi Muhammadiyah: Tantangan Aspek Keagamaan dan Kebangsaan’.

BACA JUGA: Alasan Kenapa Warga Muhammadiyah tak Pernah Ikut Tahlilan

.

Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini menjelaskan, hukum asal ziarah kubur adalah mubah. Hadits yang menjadi dasarnya, kata Prof Syafiq adalah “kuntu nahaytukum ‘an ziyaratil qubur, ala fazuruha faiinnaha tudzakkirul maut".

“Artinya, dulu aku melarang ziarah kubur, maka sekarang berziarahlah karena hal itu mengingatkan mati,” kata Syafiq.

BACA JUGA: Di Masjid Muhammadiyah Usai Sholat tak Ada Dzikir dan Doa Berjamaah, Ini Alasannya

Dalam kajian Ushul Fiqih, kata perintah yang datang setelah larangan sebagaimana dalam masalah ziarah kubur ini, bukanlah sesuatu yang wajib. "Al-amru ba’da al-nahyi yufidul ibahah. Artinya, sebuah perintah yang muncul setelah larangan itu menunjukkan kemubahan,” tambah Syafiq.

Rasulullah sempat melarang umatnya berziarah kubur, karena...

× Image