Home > News

Profil Raja Salman, Ayah Pangeran MBS yang Dikabarkan Meninggal Dunia pada Ramadhan 2023

Raja Salman dari Arab Saudi lagi-lagi dikabarkan meninggal dunia.
Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz bin al-Saud kembali dikabarkan meninggal dunia. Foto: Republika.
Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz bin al-Saud kembali dikabarkan meninggal dunia. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kabar bohong alias hoax kembali datang setelah penguasa Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dikabarkan meninggal dunia, Jumat (14/4/2023). Kabar yang ramai di media sosial tersebut dipastikan hoax.

Tahun 2023 Raja Salman juga pernah diberitakan meninggal dunia oleh media Iran, Mehr News Agency. Kini kabar serupa kembali datang. Dikutip dari laman resmi kominfo.go.id, kabar mengenai Raja Salman Bin Abdulaziz al-Saud meninggal dunia adalah hoax.

BACA JUGA: Sejarah dan Cerita Legenda Kota Tuban yang Diguncang Gempa 6,6 M Hari Ini

.

"Beredar narasi di media sosial bahwa Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud meninggal dunia. Faktanya klaim bahwa Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud meninggal dunia, tidak berdasar. Tidak ditemukan informasi valid terkait kabar kematian Raja Salman di berbagai platform dan media arus utama. Justru informasi terbaru adalah foto penampakan Raja Salman di tengah isu penangkapan anggota keluarga kerajaan Arab Saudi," tulis laman Kemenkominfo.

Kabar terbaru Raja Salman terpantau melakukan sejumlah kegiatan dan menjadi pemberitaan media pada Jumat (14/4/2023). Kegiatan Raja Salman yang diberitakan Arab News tentu menepis hoax jika dia sudah tutup usia.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Hadist Rasulullah SAW

Raja Salman lahir di Riyadh, Arab Saudi pada 31 Desember 1935. Dia adalah Raja ketujuh Arab Saudi, Penjaga Dua Kota Suci, dan pemimpin Wangsa Saud saat ini.

Sebelum menjadi raja, Salman menempati beberapa posisi elite. Ia pernah menjabat sebagai wakil gubernur dan menjadi Gubernur Riyadh selama 48 tahun dari tahun 1963 sampai 2011. Pada 2011 Salman diangkat sebagai Menteri Pertahanan.

BACA JUGA: Karyawan Sarinah Dilarang Pakai Jilbab, Ini Sosok Sarinah Pengasuh Soekarno yang Ajarkan Cinta Kasih

Ia terpilih sebagai Putra Mahkota pada 2012 setelah kematian saudaranya Nayef bin Abdul-Aziz Al Saud. Salman kemudian diangkat sebagai Raja Arab Saudi pada 23 Januari 2015 setelah kematian saudara tirinya, Raja Abdullah bin Abdulaziz. Raja Abdullah meninggal dunia pada usia 90 karena pneumonia.

Salman dinobatkan sebagai Raja Arab saudi ketika usianya menginjak 79 tahun. Dia dikenal memiliki pandangan konservatif dan tradisional, sama dengan saudaranya.

BACA JUGA: Benarkah Lebaran 2023 di Arab Saudi Sama dengan Muhammadiyah?

Sebelumnya Raja Salman telah banyak mengurus urusan kerajaan ketika kakaknya menghadapi masalah kesehatan saat memimpin sebagai raja. Setelah berkuasa, Salman melakukan reshuffle kabinet pada 30 Januari 2015.

× Image