Home > Sejarah

Sejarah Pisang Goreng yang Jadi Dessert No 1 di Dunia, Ternyata Bukan Asli Makanan Indonesia

Pisang goreng merupakan makanan favorit yang disukai bangsa Portugis.
Pisang goreng awal mulanya merupakan makanan bangsa Portugis.
Pisang goreng awal mulanya merupakan makanan bangsa Portugis.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kudapan asli Indonesia, pisang goreng dinobatkan sebagai cemilan atau dessert nomor 1 di dunia versi Tasteatlas. Dinukil dari Instagram @tasteatlas, pisang goreng menempati urutan teratas dengan 4.60 point. Pisang goreng mengalahkan Quarknallchen dari Jerman di urutan kedua dan Pastelitos Criollos dari Argentina di urutan ketiga.

Pisang goreng menjadi salah satu dari 50 kudapan atau dessert favorit dari berbagai negara-negara di dunia. Taste Atlas dalam akunnya @tasteatlas menerangkan makanan penutup, kudapan atau dessert khas Indonesia ini menjadi favorit di seluruh dunia.

BACA JUGA: Biaya Haji Naik, Humor Gus Dur: Pejabat Indonesia Lempar Jumroh, Eh Batunya Balik Lagi

Namun benarkah pisang goreng asli makanan Indonesia?

Ternyata pisang goreng bukan asli produk Indonesia tetapi orang Eropa, khususnya Portugis. Saat bangsa Portugis datang ke Nusantara sekitar tahun 1511, mereka sedang sarapan pisang yang sudah dibuka kulitnya dan dilumuri tepung terigu (dalam bahasa Portugis disebut trigo). Pisang itu lalu digoreng dan disajikan ketika hangat. Makanan ini lalu diadopsi masyarakat Melayu, termasuk Indonesia.

BACA JUGA: Kenapa Plat Nomor Jakarta B Bukan J? Ternyata Gara-Gara Tentara Inggris Invasi Hindia Belanda

Di era Hindia Belanda, pisang goreng juga disajikan untuk sarapan. Meski saat ini pisang goreng dianggap sebagai kudapan rakyat jelata, dulu para bangsawan Jawa juga menjadikan pisang goreng dessert favorit.

Pisang goreng sendiri saat ini memiliki banyak varian, di antaranya...

× Image