Home > Budaya

Menu Bersantan Nasi Padang Bikin Gus Dur Ketagihan

Salah satu menu nasi padang yang disukai Gus Dur Adalah gulai jeroan.

 Gus Dur menyukai nasi padang. Presiden ketiga RI, Gus Dur menjadikan nasi padang sebagai salah satu makanan favoritnya. Foto: IST.
Gus Dur menyukai nasi padang. Presiden ketiga RI, Gus Dur menjadikan nasi padang sebagai salah satu makanan favoritnya. Foto: IST.

PLURALISME MAKANAN

Gus Dur, kata Kiai Maman, berkata semakin jauh melangkah mencicipi ragam makanan khas Indonesia, makin jauh pemahaman yang didapat sehingga menjadi kekuatan yang mampu mengenalkan generasi muda bahwa Indonesia memiliki toleransi yang tinggi lewat makanan. Gus Dur menyebutkan sebagai pluralisme makanan.

“Tanpa disadari, makanan merupakan medium pluralisme yang amat nyata. Orang Madura bisa makan di restoran Padang. Sebaliknya, orang Padang bisa makan di restoran Madura. Begitu pula orang Aceh bisa makan di restoran Sunda, dan begitu pula sebaliknya."

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Kumpul Kebo, Arab Saudi Masa Bodo?

"Intinya, melalui aneka ragam masakan yang tersedia di Republik ini, masyarakat melakukan pembaruan secara alami. Secara tidak langsung, perjumpaan dan pergulatan berjalan secara alami melalui medium makanan."

“Ketika orang Madura menyantap makanan Padang, maka pada saat itu pula muncul pengenalan dan pengakuan terhadap kelompok lain. Intinya bahwa orang lain juga mempunyai keistimewaan yang harus dihormati dan dijunjung tinggi."

BACA JUGA: Download GB WhatsApp Pro v 17.85 Apk Terbaru 2023, Bisa Kirim Foto dan Video Sampai 200 Mb

"Bahkan, bisa dibayangkan jika seandainya tidak ada restoran-restoran Padang yang mudah dijangkau, maka kita akan merasakan betapa susahnya kita untuk mendapatkan makanan yang dapat disantap.”

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download GB WhatsApp Terbaru 2023, Gratis Bisa Baca Pesan yang Sudah Dihapus

> Download GB WhatsApp Terbaru 2023, Gratis Bisa Baca Pesan yang Sudah Dihapus

> SnapTik.App, Download Ribuan Video Viral TikTok, Bebas Watermark, Gratis Bisa dari HP Android

> Download Video TikTok Bebas Watermark, Gratis Pakai SssTikTok

> Savefrom.net: Download Lagu YouTube, Instagram, dan TikTok, Gratis Pakai Sepuasnya

> Arab Saudi Menghijau Disebut Tanda Akhir Zaman, Begini Jawaban Rasulullah Saat Ditanya Kapan Kiamat

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image