Home > Budaya

Menu Bersantan Nasi Padang Bikin Gus Dur Ketagihan

Salah satu menu nasi padang yang disukai Gus Dur Adalah gulai jeroan.
Gus Dur menyukai nasi padang. Presiden ketiga RI, Gus Dur menjadikan nasi padang sebagai salah satu makanan favoritnya. Foto: IST.
Gus Dur menyukai nasi padang. Presiden ketiga RI, Gus Dur menjadikan nasi padang sebagai salah satu makanan favoritnya. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Nasi Padang menjadi makanan favorit banyak orang, tak terkecuali KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Presiden ketiga RI itu disebit ketagihan dengan aneka lauk yang ada di Nasi Padang.

Cucu pendiri NU, KH Hasyim Asyari itu ketagihan menu lauk yang mengunakan santan. Contohnya kalio atau gulai jeroan.

BACA JUGA: Arief Muhammad Tantang Zee JKT48 Makan Nasi Padang Pakai Sendok

Salah satu rumah makan padang langganan Gus Dur adalah yang berada di dekat kantor PBNU Jakarta. Di sana Gus Dur kerap memilih gulai otak sapi atau gulai limpa dan dendeng batako sebagai lauk.

Dalam buku Fatwa dan Canda Gus Dur (2010) karya Kiai Maman Imanulhaq Faqieh diceritakan, Gus Dur hobi berburu kuliner di banyak daerah. Menurut Gus Dur, icip-icip kuliner di banyak daerah tidak hanya menyehatkan jasmani dan rohani, tetapi tentang makna lain tentang keragaman makanan salah satunya. Menurut Gus Dur, keragamanan makanan di Indonesia sebagai manifestasi kebhinekaan Indonesia.

BACA JUGA: Mengenang Peristiwa Kudatuli, Perebutan Kekuasaan PDI antara Suryadi dan Megawati, Rekayasa Orba?

× Image