Home > News

Siapa Rasuna Said, Pahlawan Nasional Indonesia yang Jadi Doodle Google Hari Ini?

HR Rasuna Said adalah perempuan asal Minang yang ditakuti Belanda.
 Doodle Google Rasuna Said. Google dalam Doodlenya menampilkan sosok HR Rasuna Said, untuk memperingati hari lahir ke 120 pahlawan perempuan Indonesia yang ditakuti Belanda. Foto: Tangkapan Layar.
Doodle Google Rasuna Said. Google dalam Doodlenya menampilkan sosok HR Rasuna Said, untuk memperingati hari lahir ke 120 pahlawan perempuan Indonesia yang ditakuti Belanda. Foto: Tangkapan Layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Bagi warga Jakarta pasti tidak asing dengan Jalan Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau HR Rasuna Said atau paling tidak pernah mendengar nama jalan yang terletak di sepanjang Kuningan hingga Setiabudi, Jakarta Selatan. Nama jalan ini diambil dari seorang wanita pejuang kemerdekaan asal Sumatra Barat yang hari ini menjadi Doodle Google.

Doodle Google hari ini, Rabu, 14 September 2022 merayakan ulang tahun ke-112 Rasuna Said yang dikenal sebagai Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia yang dikenal sebagai sosok yang lantang bersuara membela hak-hak perempuan. Sepanjang hidupnya, Rasuna Said yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 1974 dan tokoh perempuan kesembilan yang menerima kehormatan tersebut, dikenal sebagai seorang guru dan jurnalis.

BACA JUGA: Sejarah Mangkuk Ayam Jago yang Jadi Doodle Google Hari Ini

Sejak kecil, perempuan yang lahir di dekat Danau Maninjau, Agam, Sumatra Barat, 14 September 1910 itu dikenal tekun dan cerdas. Pendidikan dasar Rasuna dihabiskan di SD Maninjau lalu melanjutkan ke Diniyah School di Padangpanjang. Kecerdasan Rasuna sudah bisa terlihat saat ia bersekolah hingga ia dipercaya mengajar kelas di bawahnya meskipun ia masih pelajar atau dikenal asisten guru.

Ia memang dikenal dengan kecintaannya kepada ilmu pengetahuan. Ia pun memotivasi kaumnya berani bermimpi besar.

BACA JUGA: Masa Jabatan Anies Baswedan Habis, Ini Tugas Berat Gubernur DKI Sejak Zaman Presiden Soekarno

Tak hanya pendidikan umum, Rasuna juga menimba ilmu agama di Pesantren Ar Rasyidiyah. Usai menamatkan Diniyah School, Rasuna mengabdi menjadi pengajar di almamaternya.

Tak banyak saat itu, Muslimah yang menempuh pendidikan hingga tingkat lanjut. Rasuna ingin memajukan pendidikan bagi seorang wanita.

BACA JUGA: Download Lagu (MP3) dari YouTube Pakai MP3 Juice: Gratis, Mudah, Cepat, dan Aman Simpan di HP

× Image