Home > Sejarah

Jejak Sejarah Pasukan NICA di Pasar Senen

Pasukan NICA dibentuk untuk kembali menguasai Indonesia.

Pada masa NICA, untuk menarik hati penduduk, mereka secara rutin memberikan sembako kepada rakyat. Kepada warga yang berpenghasilan tinggi (berdasarkan pembayaran pajak), mereka mendapatkan jatah roti tiga hari sekali secara gratis termasuk keju dan mentega.

Sedangkan mereka yang berpenghasilan rendah, mendapatkan jatah beras di samping sardencis dan minyak. Untuk mengambil jatah tersebut diberikan kupon. Karena warnanya kuning, orang menyebutnya ‘kartu kuning’.

BACA JUGA: Download Lagu (MP3) Gratis Pakai YTMP3 dari Video YouTube: Mudah dan Cepat

Rupanya NICA yakin ia akan terus dapat menjajah bumi Nusantara. Buktinya, pada 30 Agustus 1948 Belanda membangun Kebayoran Baru. Untuk membangun kota satelit ini, Belanda menggusur ribuan kediaman warga Betawi seluas 730 hektar.

Kampung Betawi yang banyak menghasilkan buah-buahan, persawahan, kala itu terdiri dari kampung-kampung Grogol Udik, Pela Petogogan, Gandaria Noord (Utara) dan Senayan. Sebelum membangun Kebayoran Baru, rencananya ditempat itu Belanda akan membangun bandar udara.

BACA JUGA: Jembatan Keramat di Kramat Kwitang, Trem Uap di Pasar Senen

Ketika digusur bukan saja rumah dan bangunan yang dapat ganti rugi. Tapi juga buah-buahan. Dikabarkan lebih dari 700 ribu pohon ditebang dan 26 macam buah-buahan.

Sekitar 2.000 rumah, bangunan, kios dan kandang ternak (penduduk banyak beternak sapi di samping petani buah-buahan) digusur. Daerah yang tergusur kala itu penduduknya banyak penjual ketupat sayur yang berdagang keliling di berbagai tempat di Jakarta.

BACA JUGA: Demi Pasar Modern, Bangunan-Bangunan Bersejarah di Pasar Senen Dihancurkan

Di Kebayoran Baru didirikan sebuah yayasan yang bernama Centrale Stichting Wederopbours (CSW). Kalau kita ke Kebayoran, kondektur bus akan mengerti bila kita menyebut CSW. Tempat itu kini bernama Jalan Sisimangaraja (Kejaksaan Agung) — tempat yang kini menjadi sangat ‘angker’ bagi koruptor yang menjadi pencoleng uang negara. Semoga saja para petugas di Kejaksaan Agung semakin berani dalam menindak mereka, sesuai dengan harapan rakyat.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Bolehkah Makan Nasi Berkat dari Acara Tahlilan? Halal Bisa Jadi Haram

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image