Home > Sejarah

Lima Teladan yang Perlu Diikuti dari Perjuangan Bung Karno

Bung Karno memberikan teladan pengorbanan yang tanpa pamrih untuk Indonesia.
Soekarno. Setidaknya ada lima teladan yang perlu diikuti dari perjuangan Soekarno.
Soekarno. Setidaknya ada lima teladan yang perlu diikuti dari perjuangan Soekarno.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menilai Bung Karno sampai saat ini selalu menjadi kenangan dan jejak sejarah penting bagi bangsa Indonesia. Bung Karno sebagaimana tokoh bangsa lain tentu sebagai manusia biasa selalu ada kekurangan dan kelebihan, tetapi sebagai tokoh perjuangan bangsa.

"Beliau memiliki tempat khusus, yang harus kita kenang, dan ikuti jejak sejarah perjuangan pemikiran dan langkahnya yang sangat penting, strategis dan tiada tara untuk kepentingan bangsa dan negara,” tutur Haedar dalam peringatan 51 tahun Wafatnya Presiden Soekarno atau Bung Karno, Senin 21 Juni 2022, seperti dinukil dari Muhammadiyah.go.id

Dari kaca mata Haedar Nashir, terdapat lima pelajaran yang dapat dipetik dari jajak perjuangan Bung Karno. Pertama, Bung Karno telah memberi contoh dalam penghidmatan perjuangan dan pengorbanan yang tanpa pamrih untuk Indonesia, baik saat melawan penjajah maupun setelah Indonesia merdeka.

BACA JUGA: Download GB WhatsApp (GB WA) Terbaru, Sederet Fitur Menarik Menanti, Aman dan Anti-banned

Kedua, Bung Karno merupakan sosok yang bersahaja dan mencintai rakyat kecil, sampai akhir hayatnya Bung Karno dikenang tidak berlimpah harta dan materi, tetapi sejarah perjalanannya beliau sangat mencintai rakyat kecil dari lahir dan batin.

Ketiga, dari Bung Karno kita belajar tentang sosok pemimpin yang cerdas berilmu, berwawasan dan bervisi kebangsaan yang melintas batas. Bung Karno sosok pembelajar yang haus akan ilmu, belajar pada siapa pun, termasuk kepada Cokro Aminoto, Kiyai Dahlan dan tokoh lain yang menjadi rujukan dari perjalanannya. Bung Karno juga sosok yang gemar membaca dan visi kebangsaanya melampaui pada zamannya.

BACA JUGA: Profil Kapiten Pattimura: Agama dan Perjuangannya Melawan Belanda, Benarkah Beragama Islam?

× Image