Home > Sejarah

Kongkalikong Pejabat: Korupsi Itu Musuh dalam Selimut, Lebih Jahat dari Cacar Monyet

Dalam cerita Kongkalikong karya Firman Muntaco disebutkan jika korupsi adalah musuh dalam selimut.

"Eh, sudare-sudare binatang macam yang dikata galak kita usir same senapan, tapi kalo kutu busuk dalam selimut? Hi! Diem-diem waktu kita enak-enakan ngorok, dia ngegigit sampe dareh kita abis disedotnya, dalam hal ini kehancuran negara yang dimaksud. Begitulah kalo sudare-sudere mau tau secare kasarnye apa yang disebut korupsi!" (Berhenti lagi sebentar).

Nah, lantaran terang die punye kejahatan, maka marilah sekarang rame-rame kita basmi, kita sikat to the bottom! Tapi pegimane membasminye? Bagaimane menyikatnye? Ini die yang saye mau kupas di hadepan sudare-sudare sekalian. Rhm-ehm (beliau terbatuk-batuk).

BACA JUGA: Mudik Ternyata Berasal dari Bahasa Betawi, Ini Asal Usulnya

Denger sudare-sudare, korupsi itu hanya bisa dibasmi dalem diri kite juga. Ni dari sini! (Beliau menunjuk dadanya). Lantaran ude dibilang, die itu barang yang tidak keliatan. Tidak kecil tidak gede. Bukan lelaki juga bukan perempuan!”

”Banci ngkali, pak!” nyeletuk seorang hadirin.

”Ho-oh, gitu deh kire-kire. Dan . seperti juga penyakit, korupsi pun bermacam-macam. Ade korupsi duit, korupsi tenage, korupsi waktu, dan ada juga korupsi pangkat!"

BACA JUGA: Operasi Petrus Berantas Begal dan Preman: Mayat Dikarungin dan Mengambang di Sungai

"Jadi, demi kesadaran bernegara, demi kemakmuran bersama-sama, sebaiknye mulai sekarang sudare-sudare pada insap, jauhilah itu penyakit korupsi. Salah satu jalannye ilaha jangan sok ikut-ikutan mau mewah, padahal penghasilan tidak mengizinkan! Jangan dibiarin nurutin permintaan istri yang mau ini mau itu! Anggep sepi. Hah, kita kan kaum lelaki, sudare-sudare. Masak iye mustri nyerah same segale tetek bengek rongrongan kaum yang lemah? Tunjukkanlah sudare-sudare punya tangan besi, jangan mau diteken, jangan mau dibudakin, jangan .”

”Stop !” tiba-tiba dengan tak disangka-sangka istri beliau yang gemuk trokmok masuk ke dalam ruangan rapat dengan tampang beringas. ”He, Pak!” katanya membentak, ”Ape jangan mau diteken, ape jangan mau dibudakin? Emangnya enggak kedengaran? Mari kite beritungan !”

BACA JUGA: Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

”Ti e-eh, Ti apa-apan ni ?” Pak Sanem gelagapan. ”Alaa, nggak pake! Ayo lekasan pulang!” terus saja istrinya menyeret, hingga Pak Sanen betul-betul tak berdaya dan ikut naik atau pulang ke rumah, sementara rapat keruan saja bubar!

”He, Pak, jangan main gile, je. Nih ape macem nih!” tangannya menunjukkan selembar foto.

× Image