Home > Hikmah

Kedermawanan Rasulullah di Bulan Ramadhan Melebihi Angin yang Berembus

Rasulullah sangat ringan dan cepat dalam memberi, tanpa banyak berpikir, sebagaimana angin yang berhembus cepat.
Rasulullah. Pada Bulan Ramadhan, Rasulullah semakin dermawan. Foto: Republika.
Rasulullah. Pada Bulan Ramadhan, Rasulullah semakin dermawan. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menjadi teladan terbaik bagi kita, adalah orang yang paling dermawan. Kedermawanan Rasulullah akan lebih dahsyat lagi di bulan Ramadhan.

Seperti diceritakan Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

Ini juga ditegaskan oleh Anas bin Malik radhiallahu’anhu:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling berani dan paling dermawan.” (HR. Bukhari no.1033, Muslim no. 2307)

BACA JUGA: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan 2022 Sesuai Sunnah Rasulullah

Ramadhan merupakan momen yang spesial, sehingga Rasulullah menaikkan jumlah amalnya. Bahkan dalam hadits, kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dikatakan melebihi angin yang berhembus. Diibaratkan demikian karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat ringan dan cepat dalam memberi, tanpa banyak berpikir, sebagaimana angin yang berhembus cepat.

× Image