Home > News

Mau Diboikot dan Diharamkan, Rendang Malah Semakin Terkenal di Eropa dan Dunia

Lewat gerakan Rendang Goes to Europe, makanan khas Minangkabau ini diyakini makin digemari masyarakat dunia.
Rendang. Sempat ada gerakan memboiokot dan mengharamkan Nasi Padang, justru rendang nasi padang kini merambah pasar Eropa. Foto; Republika.
Rendang. Sempat ada gerakan memboiokot dan mengharamkan Nasi Padang, justru rendang nasi padang kini merambah pasar Eropa. Foto; Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Rendang sudah sejak lama menjadi ikon masakan Indonesia. Terlebih makanan khas Minangkabau ini pernah dinobatkan sebagai makanan terenak sejagat raya. Kini, setelah sempat ada gerakan untuk memboikot dan mengharamkan Nasi Padang, kini rendang malah go internasional dengan merambah pasar Eropa.

Rendang go internasional ini tertuang dalam program ‘Rendang Goes to Europe’ yang diinisiasi Iwan Bogananta, Duta Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania. Untuk memperkuat citra kuliner rendang di pasar dunia, disematkan logo Wonderful Indonesia juga pada kemasan itu.

BACA JUGA: Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno berharap, ke depannya makanan khas Indonesia akan ada lebih banyak lagi yang dikenal secara internasional. “Harapan kita ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang banyak sekali. Dan lebih mempromosikan bukan hanya produk ekonomi kreatif kita, tapi juga destinasi wisata yang ada di tanah air melalui Logo Wonderful Indonesia. Ini adalah tatanan ekonomi baru kita berkolaborasi sangat cepat,” kata Sandiaga saat peluncuran program Rendang Goes to Europe di Bali, Kamis (24/3/2022).

Rendang Goes to Europe sendiri merupakan bagian dari gerakan Indonesia Spice Up The World (ISUTW) yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 2021. ISUTW adalah sebuah gerakan nasional yang bertujuan meningkatkan nilai ekonomi di pariwisata, perdagangan, dan investasi melalui industri gastronomi.

× Image