Home > Hikmah

Ustadz Khalid Basalamah: Jika Difitnah, Maafkan

Ustadz Khalid mengingatkan jangan keburukan dibalas dengan keburukan.
Ustadz Khalid Basalamah mengingatkan jangan keburukan dibalas dengan keburukan. Foto: IST
Ustadz Khalid Basalamah mengingatkan jangan keburukan dibalas dengan keburukan. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ustadz Khalid Basalamah sedang dilanda fitnah dalam kasus pengharaman wayang. Dalam satu tanya jawab di majelisnya, Ustadz Khalid mengatakan jika kita difitnah yang harus dilakukan adalah memaafkan.

Ustadz Khalid juga mengingatkan para jamaahnya tidak membalas keburukan dengan keburukan. "Ingat jangan keburukan dibalas dengan keburukan. Orang fitnah biarin dia fitnah sampai dia capek. Jangan dibalas dengan fitnah," kata Ustadz Khalid.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika difitnah? "Maafkan," kata Ustadz Khalid. "Masa sih ustadz, maafkan. Enak benar dia ustadz, maafkan. Gak ada jawaban selain itu. Maafkan."

BACA JUGA: Tegur Gus Miftah, Derry Sulaiman: Ustadz Khalid Dijadikan Wayang Itu Sudah Kurang Ajar

Ustadz Khalid berkata, jangan melupakan jika Allah itu ada. Allah yang orang beriman yakini adalah Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Mengetahui. "Gak usah khawatir. Hukum yang Allah turunkan setiap orang yang berbuat dosa kepada Allah, kalau dia bertobat, dia ampuni (oleh Allah). Tapi kalau dosa berhubungan dengan hak makhluk, manusia, dia harus taubat kepada Allah dan meminta maaf kepada manusia yang dia buat salah."

"Menggunjing, memfitnah, mencuri, merusak nama baik. Jadi kalau kita begitu difitnah, langsung awalnya kita maafin. "Udah deh saya maafin, hati kita bersih kembali tuh. Kita mendapatkan pahala karena menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya," kata Ustadz Khalid menjelaskan.

BACA JUGA: Klarifikasi dan Minta Maaf, Ustadz Khalid: Tak Ada Kata-Kata Saya Haramkan Wayang

Ustadz Khalid juga mengingatkan dalam hukum Allah yang orang beriman yakini, selama orang berbuat salah tetapi tidak meminta maaf, Allah akan memberikan hukuman. "Jika tidak minta maaf kepada kita, hukum allah akan tetap datang kepada dia. Tidak usah khawatir, apa yang musti kita khawatirkan, dia akan dihukum sama Allah, kok," ucap dia.

Di akun Instagramnya @khalidbasalamahofficial, Ustadz Khalid juga membagikan postingan video dakwah yang berjudul, "Jangan Marah, Bagimu Surga". Ustadz Khalid menasehati jika seseorang mampu menahan amarahnya, maka hadiahnya Surga. Postingan itu membuat simpati pengikutnya dan mendoakan ustadz Khalid agar tetap istiqomah di jalan yang Haq.

BACA JUGA: Gus Baha: Sunan Giri Sebut Wayang Haram, Sunan Kudus Bilang Digepengkan Biar Halal

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image