Home > Sejarah

Marga Basalamah, Datang dari Yaman Dituding Haramkan Wayang

Basalamah adalah marga keluarga dari Ustadz Khalid yang datang dari Hadramaut, Yaman.
Ustadz Khalid Basalamah dituding mengharamkan wayang. Foto: IST
Ustadz Khalid Basalamah dituding mengharamkan wayang. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Nama Ustadz Khalid Basalamah makin luas dikenal di seluruh Indonesia. Selain karena aktivitas dakwahnya, dalam beberapa hari terakhir Ustadz Khalid menjadi buah bibir menyusul polemik pengharaman wayang. Marga Basalamah yang melekat di belakang nama Ustadz Khalid pun ikut jadi perbincangan.

Salah satu ustadz yang juga tidak kalah banyak jamaahnya, Ustadz Syafiq Riza Basalamah pernah ditanya dalam majelisnya terkait marga Basalamah.

Sama-sama memiliki marga Basalamah di akhir namanya, jamaah mengira jika keduanya adalah kakak-beradik.

BACA JUGA: Tegur Gus Miftah, Derry Sulaiman: Ustadz Khalid Dijadikan Wayang Itu Sudah Kurang Ajar

Ustadz Syafiq menjelaskan, Basalamah adalah nama marga yang berasal dari Hadramaut, Yaman. Menurut Ustadz Syafiq, orang Arab dari Yaman datang ke Indonesia dan menyebar di berbagai wilayah.

"Jadi memang marga Basalamah ini termasuk marga yang datang dari Yaman, dari Hadramaut sana," ujar Ustadz Syafiq Riza Basalamah di kanal Youtube Kajian Ar-Rahman.

BACA JUGA: Sering Disebut Wahabi, Ustadz Khalid Basalamah Ternyata dari Keluarga NU

Kakek Ustadz Khalid Basalamah, kata Ustadz Syafiq datangnya di Makassar. "Mereka (marga Basalamah) banyak ke Indonesia ya salah satunya Doktor Khalid Basalamah termasuk yang turunnya di Makassar sana," ujar Ustadz Syafiq.

Sedangkan Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang kakeknya dahulu datang ke Indonesia berawal di Padang. "Adapun kakek saya waktu pertama datang ke Indonesia ini turunnya di Padang dulu kemudian ke Jakarta," kata Ustadz Syafiq.

"Tapi kalau ditanya apakah saya adiknya Ustadz Khalid Basalamah, naam, saya adiknya Doktor Khalid Basalamah, walaupun tidak dilahirkan dari satu rahim. Karena setiap Muslim itu bersaudara," tambah Ustadz Syafiq.

BACA JUGA: Diuji Kasus Wayang, Ustadz Khalid Basalamah: Jangan Jadi Penyebar Fitnah

Tak hanya Ustadz Syafiq yang mendapatkan pertanyaan apakah keduanya bersaudara kandung. Ustadz Khalid mengaku juga sering mendapatkan pertanyaan serupa.

"Sering (ditanya) mungkin dikira karena sama-sama Basalamah, Ustadz Khalid kakak dan Ustadz Syafiq adik. Bagaimana orang tuanya mendidik sampai dua-duanya menjadi doktor. Jadi bukan begitu ya, jadi gak ada hubungannya," kata Ustadz Khalid.

"Saya pernah berkomunikasi lewat telepon, dan beliau juga belum tau karena beliau lahir di Jawa Tengah, saya di Makassar. Sama saja seperti orang yang lahir dari suku Bugis misalnya, belum tentu sama-sama satu keluarga. Tapi wallahu a'lam kita kembali sama-sama dari Adam AS."

BACA JUGA: Klarifikasi dan Minta Maaf, Ustadz Khalid: Tak Ada Kata-Kata Saya Haramkan Wayang

Ustadz Khalid berkata, Ustadz Syafiq adalah seorang alim yang perlu dihormati. Apalagi Ustadz Syafiq adalah seorang doktor dari Madinah dan sangat mulia.

"Beliau (Ustadz Syafiq) saudara saya dalam Islam, sama-sama marganya Basalamah," kata Ustadz Khalid.

Ia pun menyarankan jamaahnya menimba ilmu dari Ustadz Syafiq. "Kalau saya melihat beliau masya Allah kapabilitas ilmunya sangat bagus. saya sarankan untuk ikhwah belajar dengan beliau," ujar Ustadz Khalid.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image