Home > Sejarah

Jual Beli Jabatan Sudah Ada Sejak Era Hindia Belanda

VOC hancur karena korupsi, termasuk korupsi jual beli jabatan.
Gedung peninggalan Belanda Galangan VOC, Jakarta Utara. (Republika/Prayogi)
Gedung peninggalan Belanda Galangan VOC, Jakarta Utara. (Republika/Prayogi)

CERITA ABAH: Artikel ini adalah warisan berupa tuturan dari sejarawan sekaligus wartawan senior (Almarhum) Alwi Shahab kepada kami dan kami tulis ulang. Selamat Menikmati.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Menurut KBBI, calo adalah orang yang menjadi perantara untuk menguruskan sesuatu berdasarkan upah. Bagi warga Betawi, calo punya konotasi buruk. "Dasar calo lu!," umpatan kekesalan seseorang karena ulah para calo yang sering melakukan pemerasan.

Di negara kita ada 1.001 macam percaloan. Mulai dari pengiriman TKI, sampai jual beli jabatan. Rupanya percaloan di negeri kita sudah berlangsung selama berabad-abad. Bahkan marak terjadi pada masa VOC atawa kompeni.

BACA JUGA: Meriam Si Jagur, Simbol Seks yang Dijadikan Benda Keramat

Diceritakan VOC selaku kongsi dagang raksasa yang sempat menguasai dunia perdagangan akhirnya bangkrut di tahun 1799. Salah satu sebabnya adalah karena korupsi yang merajalela yang dilakukan pejabat tingginya sendiri, termasuk gubernur jenderalnya.

Untuk itu, sebaiknya kita mendatangi bekas markas VOC di Pasar Ikan, Jakarta Utara. Berdiri di bekas menara syahbandar VOC di depan Museum Bahari Pasar Ikan, kita akan melihat ratusan kapal phinisi tengah bersandar di muara Ciliwung di Teluk Jakarta.

BACA JUGA: Tegur Gus Miftah, Derry Sulaiman: Ustadz Khalid Dijadikan Wayang Itu Sudah Kurang Ajar

× Image