Home > Sejarah

Sejarah di Balik Kelezatan Pempek Palembang yang Dinobatkan Makanan Terenak Nomor 4 Sedunia

Pempek dikenal di Palembang bersamaan dengan banyaknya perantau asal China ke sana. Saat itu empek-empek dikenal dengan nama "kelesan".

Pempek Palembang. Makanan khas Palembang, Pempek punya sejarah panjang hingga dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 4 sedunia.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Palembang punya sejumlah makanan yang maknyus. Namun yang paling terkenal adalah empek-empek atau pempek yang punya sejarah panjang.

Menurut buku Teks Bacaan Berbasis Budaya Lokal Sumatera Selatan Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (2022) karya Rita Inderawati dkk, empek-empek atau yang disebut Pempek dikenal di Palembang bersamaan dengan banyaknya perantau asal China ke sana. Saat itu empek-empek dikenal dengan nama "kelesan".

Kelesan yang dibuat biasanya disajikan saat acara adat di dalam Rumah Limas. Saat itu kelesan terkenal di masa Pemerintahan Kesultanan Palembang Darussalam dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin II.

Seorang pria Tionghoa yang biasa dipanggil Apek (dalam bahasa China artinya paman) yang hidup di pinggiran Sungai Musi memiliki ide memanfaatkan potensi ikan yang melimpah dengan mengolahnya menjadi makanan selain digulai dan digoreng. Apek pun mengolah ikan hasil tangkapannya dengan campuran tepung.

Olahan itu mirip dengan bakso yang dibawa pedagang asal Negeri China ke Palembang. Apek nmenjual makanan yang saat itu belum memiliki nama dengan cara berkeliling kampung.

Saat warga hendak membeli, mereka memanggil Apek dengan ujung namanya saja, yaitu "peek..peek". Panggilan itu menjadi asal mula nama pempek.

Versi lain seperti dinukil dari buku Pempek Palembang Makanan Tradisional dari Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, pempek pertama kali ditemukan pada zaman Kerajaan Sriwijaya atau sekitar abad & Masehi. Data itu dibuktikan dengan temuan Prasasti Talang Tuo yang menyatakan tanaman sagu sudah ada sejak abad ke-7.

Makanan Terenak di Dunia

Pempek dinobatkan sebagai makanan terenak keempat di dunia versi Taste Atlas. Menurut hasil survei oleh Taste Atlas melalui laman resminya, yang dikutip pada Rabu, 15 Maret 2023, pempek menduduki peringkat keempat hidangan seafood atau makanan laut terbaik di dunia. Nilainya tercatat sebesar 4,7.

"Ini adalah 50 makanan seafood terbaik di dunia. Yang mana favorit kalian," kata ketenangan Taste Atlas melampirkan 50 daftar makanan terbaik seafood di dunia di Instagram @tasteatlas.

Taste Atlas adalah sumber rasa hidangan tradisional dunia yang merangkum berbagai makanan yang diteliti dan dipetakan dan menjadi populer di kota, wilayah dan desa di dunia. Makanan yang disurvei berasal dari seluruh dunia.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image