Home > Wisata

4 Tempat Wisata Dekat Desa Wadas Purworejo yang Keindahannya Bikin Melongo

Purworejo menyimpan banyak potensi wisata yang bisa memanjakan pengunjung.
Gunung Kunir jadi salah satu destinasi wisata di Purworejo.
Gunung Kunir jadi salah satu destinasi wisata di Purworejo.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sedang menjadi buah bibir menyusul penangkapan hampir 50 warga Desa Wadas yang menentang pembangunan tambang andesit di wilayah tersebut. Lokasi pengukuran yang akan dijadikan tambang terletak di wilayah perbukitan yang rentan merusak alam, sehingga warga desa menolak. Terlepas dari konflik yang disebut sebagai perampasan lahan, di sekitar Desa Wadas ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan destinasi wisata ketika Anda mengunjungi "Kota Pensiunan" tersebut.

1. Gunung Manggul Joyo
Manggul Joyo di Desa Cacaban Kidul, Kecamatan Bener, Purworejo yang terhampar di perbukitan Menoreh. Puncak Gunung Manggul berada 400 meter di atas permukaan laut, sehingga ketika berada di puncak bukit pada pagi atau sore hari, akan terlihat pemandangan Gunung Sindoro-Sujmbing, Merapi, Merbabu, hingga Gunung Slamet.

Gunung Manggul Joyo. Foto: Twitter Bruno Update
Gunung Manggul Joyo. Foto: Twitter Bruno Update

2. Kedung Gulo
Hidden game di Purworejo. Berlokasi di Desa Kalitapas, Bener, Kabupate Purworejo, ini menawarkan wisata air terjun dan sungai yang airnya masih jernih. Akses menuju lokasi yang cukup sulit membuat tempat wisata ini masih jarang dikunjungi wisatawan.

BACA JUGA : Apa Itu Batuan Andesit, Harta Karun Desa Wadas yang Jadi Incaran Penambangan

3. Gunung Kunir
Terbentang di timur Kabupaten Purworejo, Gunung Kunir berada di kawasan Pegunungan Menoreh yang memanjang dari selatan ke utara, meliputi Kabupaten Kulon Progo (DIY), Purworejo, hingga Magelang. Titik tertinggi itu antara lain adalah Puncak Suroloyo dan Gunung Kendil di Kulon Progo, serta Gunung Trajumas dan Ayam-ayam di Purworejo.

Gunung Kunir. Foto: Instagram/@gunungkunir
Gunung Kunir. Foto: Instagram/@gunungkunir

4. Hutan Pinus Bener
Salah satu andalan Purworejo di sektor wisata adalah hutan pinus. Menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sejuk, tempat wisata yang berada di Desa Kembangan Kidul, Jati, Bener, Kabupaten Purworejo ini sering dijadikan lokasi kegiatan alam.

× Image