Home > Legenda

Nostalgia 6 Jurus Andalan Wiro Sableng, Nomor 4 Paling Legendaris

Jurus Kunyuk Melempar Buah adalah yang paling legendaris dari Wiro Sableng.
Jurus Kunyuk Melempar Buah, merupakan salah satu jurus andalan dari Wiro Sableng.
Jurus Kunyuk Melempar Buah, merupakan salah satu jurus andalan dari Wiro Sableng.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Wiro Sableng adalah satu dari sederet sinetron kolosal yang sukses meraup banyak penonton di era 1990-an. Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 itu sejak awal kemunculannya sukses menjebak penontonnya dari berbagai tingkat usia. Anak-anak di era itu bahkan kerap berlagak menirukan berbagai jurus yang dipraktikkan murid dari Eyang Sinto Gendeng itu.

Meski cerita Wiro Sableng akhirnya diangkat ke layar lebar dengan pemeran utamanya Vino G Bastian sebagai Wiro, tentu peran Ken Ken dalam serial sinetronnya tidak bisa dihilangkan. Sebagai bagian dari nostalgia, mari kita simak delapan jurus nyeleneh Wiro Sableng yang acap kali dipakai ketika melawan musuh-musuhnya.

1. Pukulan Matahari
Pukulan yang mampu membuka mata batin yaitu dengan mengeluarkan ruh dari jasad. Wiro menggunakan jurus yang mampu mengeluarkan panas dan cahaya berwarna putih dari tangannya. Jurus ini pernah digunakan saat melawan Jurus Pukulan Kelabang Hijau.

2. Pukulan Harimau Dewa
Datuk Rao Basaluang Ameh dari Andalas mewariskan jurus yang luar biasa sakti kepada Wiro Sableng, yakni Pukulan Harimau Dewa. Jika jurus-jurus lain yang dimiliki Wiro memerlukan bantuan tenaga dalam, jurus Harimau Dewa mampu melumat apa pun menggunakan kekuatan silat.

3. Ilmu Silat Orang Gila
Jika Wong Fe Hung punya jurus mabuk, Wiro Sableng memiliki jurus yang tak kalah sakti, yakni Ilmu Silat Orang Gila. Jurus yang didapatkan Wiro dari saudara seperguruan Sinto Gendeng, Si Tua Gila itu disiapkan untuk membuat lawannya kebingungan.

Gerakan-gerakan dalam jurus ini persis seperti orang gila yang sedang linglung. Namun tetap saja jurus ini berbahaya. Oia nama jurus ini memang memakai diksi "Gila", yang saat ini sudah diubah menjadi ODGJ.

4. Pukulan Kunyuk Melempar Buah
Jurus paling legendaris yang dimiliki Wiro Sableng. Jurus ini merupakan salah satu andalan yang diajarkan Sinto Gendeng untuk melumpuhkan lawan yang datang bergerombol. Jurus ini mampu mengendalikan angin untuk mengangkat sesuatu, seperti bongkahan batu besar yang siap dikirimkan ke lawan-lawannya.

Satu jurus ini, semua lawan yang datang bergerombol akan langsung K.O. Wiro pernah mengeluarkan jurus ini ketika menghadapi Jurus Pedang Siluman Biru.

5. Pukulan Dewa Topan Menggusur Gunung
Wiro termasuk pendekar yang beruntung karena diwarisi banyak jurus dari berbagai guru. Seperti Dewan Topan Menggusur Gunung yang diberikan oleh Si Tua Gila.

Jurus ini mengandalkan kekuatan tinju yang berisi angin kencang. Sekali pukulan ini dikeluarkan, lawan yang berhadapan dengan Wiro akan lari kocar-kacir.

6. Pukulan Angin Es
Tak kalah mematikan, jurus yang diwariskan dari Sinto Gendeng itu mampu membuat lawannya mati membeku karena kedinginan. Pukulan Angin Es pernah digunakan Wiro Sableng dalam novelnya ketika melawan Mayat Hidup yang memiliki mengeluarkan jurus api yang sangat panas.

× Image