Home > Hikmah

Dianggap Berbeda, Ternyata Warga Muhammadiyah Punya Tradisi Yasinan, Begini Cara Baca Surah Yasin

Yasinannya warga Muhammadiyah berbeda dari pengetahuan mainstrem masyarakat Islam di Indonesia.

Membaca Yasin. Membaca Surah Yasin di malam Jumat adalah hasil akulutrasi budaya Jawa dengan ajaran Islam. Foto: Ilustrasi Yasinan (Republika).
Membaca Yasin. Membaca Surah Yasin di malam Jumat adalah hasil akulutrasi budaya Jawa dengan ajaran Islam. Foto: Ilustrasi Yasinan (Republika).

Praktik Yasinan Muhammadiyah

Pengajaran yang kedua, kata Saad, yaitu supaya sebagai hamba, manusia bisa mengikuti akhlak Allah. Karena itu jika ingin merealisasikan kehendak, manusia diminta supaya memiliki kemauan yang baik dan besar.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Yusuf Qardhawi, Saad menyampaikan manusia dianggap bukan apa-apa kecuali memiliki kemauan. Termasuk tinggi atau rendahnya seseorang ditentukan oleh besar atau kecilnya kemanuaannya.

Pengajaran demikian, kata Saad, dapat dipraktekkan dalam mengurus Muhammadiyah, yaitu diawali dengan keinginan yang baik dan juga besar supaya Muhammadiyah bisa berbuat dan mengaktualisasikan kehendaknya.

BACA JUGA: Alasan Orang Muhammadiyah tak Baca Doa Qunut, tidak Ikut Tahlilan, dan Disebut Anti Ziarah Kubur

.

Kemauan yang baik dan besar yang dimiliki oleh Muhammadiyah ini mengantarkannya menjadi organisasi Islam terbesar di dunia. Dengan kebesarannya Muhammadiyah memberikan kepeloporan, salah satunya mendirikan universitas pertama dari Indonesia di luar negeri.

Yasinan ternyata memiliki akar sejarah yang panjang, yaitu...

× Image