Home > Sejarah

Sama-Sama Berwarna Merah Putih, Ini Bedanya Bendera Indonesia dengan Bendera Monako

Perbedaan bendera Indonesia dan Monaco terlihat dari rasio.
Bendera Indonesia. Selain Indonesia, bendera merah putih juga dipakai Monako. Foto: Republika.
Bendera Indonesia. Selain Indonesia, bendera merah putih juga dipakai Monako. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.... Bendera berwarna Merah Putih ternyata tidak hanya dipakai Indonesia saja. Ada satu negara yang punya susunan warna serupa, yakni warna merah dan putih, yakni negara Monako. Secara visual, bendera Indonesia dan Monako memakai komposisi warna yang terbagi dua secara horizontal, merah di bagian atas, dan putih di bagian bawah. Lantas apa perbedaannya?

Dilansir dari World Atlas, secara fisik bendera kedua negara punya perbedaan dari dimensi rasionya. Bendera merah putih milik Indonesia memiliki perbandingan lebar dan panjang 2:3.

BACA JUGA: Sejarah Yasinan, Tradisi Ngaji Malam Jumat untuk Dakwahkan Islam Sejak Era Wali Songo

.

Sementara bendera merah putih milik Monako punya perbandingan rasio 4:5. Dari aspek rasio, sang saka merah putih Indonesia terlihat lebih panjang dan ramping dibandingkan bendera merah putih milik Monako yang cenderung lebih melebar mendekati bentuk persegi.

Selain itu, kedua bendera merah putih milik Indonesia dan Monako punya makna yang berbeda. Warna merah di bendera Indonesia melambangkan warna darah yang menggambarkan keberanian bangsa dalam mengusir penjajah. Warna putih di bendera Indonesia melambangkan kesucian hati dalam setiap tindakan anak bangsa.

Sementara arti warna bendera Monako...

× Image