Home > Sejarah

Ucapan Gus Dur yang Bisa Jadi Kenyataan: Prabowo Jadi Presiden di Usia Tua

Gus Dur dan Prabowo bersahabat sejak masa Orba.
Prabowo Subianto. Gus Dur pernah meramalkan Prabowo akan menjadi presiden di usia tua. Foto: Republika.
Prabowo Subianto. Gus Dur pernah meramalkan Prabowo akan menjadi presiden di usia tua. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dikenal sebagai sosok ulama yang bermulut emas. Sejumlah ucapannya terbukti menjadi kenyataan di masa depan. Seperti "ramalan" pada 2006 tentang Wali Kota Solo, Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi presiden. Kini menjelang Pilpres 2024, ada salah satu ucapan Gus Dur yang bisa menjadi kenyataan, yakni Prabowo akan jadi presiden di usia tua.

Seperti diketahui, Prabowo lahir di Jakarta pada 17 Oktober 1951. Tahun ini Prabowo memasuki usia 72 tahun dan menuju 73 tahun ketika Pilpres 2024 digelar. Jika Prabowo maju sebagai calon presiden 2024, ucapan Gus Dur yang menyebut Prabowo jadi presiden di usia tua bisa saja jadi kenyataan.

BACA JUGA: Gus Dur Larang Prabowo Pulang ke Indonesia Usai Kerusuhan Mei 98: Nanti Kamu Dihabisi Preman

.

Dalam empat kali mengikuti konstentasi Pilpres, Prabowo berakhir dengan kekalahan. Dimulai pada 2004, 2009, 2014, dan 2019. Kini menjelang Pilpres 2024, hampir dipastikan Prabowo akan kembali maju sebagai calon presiden. Apalagi setelah tiga partai politik, Partai Golkar, PAN, PPP menyatakan dukungannya untuk Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Suatu waktu Gus Dur pernah menyebut Prabowo akan menjadi presiden di masa tua. Seperti disampaikan Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, Gus Dur yang merupakan Presiden ke-4 RI itu pernah meramalkan Prabowo Subianto menjadi presiden saat tua.

BACA JUGA: 'Wayang Ustadz Khalid' Muncul di Pertunjukan Wayang yang Digelar Gus Miftah

"Saya ingat apa yang disampaikan Gus Dur, 'Prabowo Subianto akan menjadi presiden di usia tua'. Mungkin tahun ini adalah jawaban untuk Pak Prabowo Subianto," kata Gus Miftah ketika menghadiri acara ulang tahun Rosario de Marshall alias Hercules yang merupakan pendukung Prabowo dalam Pilpres 2024, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (3/6/2023) petang.

Ramalan Gus Dur itu juga pernah disampaikan mantan ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Said merupakan sosok yang dekat dengan Gus Dur. "Gus Dur bilang Anda (Prabowo) masih muda. Sabar dulu, nanti setelah memasuki masa tua akan jadi pemimpin (presiden). Dia (Gus Dur) bilang begitu," kata Said menirukan ucapan Gus Dur saat menerima silahturahmi Prabowo di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, pada 2014.

BACA JUGA: Perjalanan Prabowo Subianto Jadi Capres, dari 2004 Sampai 2019, Kira-Kira Siapa Cawapresnya di 2024?

Prabowo dan Gus Dur sendiri bersahabat. Keduanya sudah saling kenal sejak masa Orde Baru dan menjalin persahabatan hingga Gus Dur wafat.

Perjalanan Prabowo menjadi calon presiden selalu gagal karena...

× Image