Home > Hikmah

Berbeda dengan Orang NU, Warga Muhammadiyah tak Baca Doa Qunut Saat Sholat Subuh, Ini Alasannya

Walau tidak membaca, Muhammadiyah tidak memfatwakan membaca doa qunut bid#039ah.
Ilustrasi berdoa. Warga Muhammadiyah tidak memakai doa qunut ketika Sholat Subuh. Foto: Republika
Ilustrasi berdoa. Warga Muhammadiyah tidak memakai doa qunut ketika Sholat Subuh. Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Dari beberapa khilafiyah antara NU dengan Muhammadiyah adalah membaca doa Qunut saat Sholat Subuh. Warga NU mengamalkan doa Qunut saat Sholat Subuh, sementara orang Muhammadiyah tidak membacanya. Ulama asal Rembang, KH ahmad Bahuddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan alasannya.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA ini perbedaan fiqih antara Muhammadiyah dengan NU adalah hal yang biasa dalam Islam. Gus Baha berkata, perbedaan NU dan Muhammadiyah hanya berbeda pandangan fiqih seperti qunut dalam Sholat Subuh.

BACA JUGA: Humor Abdul Muti: Sholat Subuh tak Pakai Qunut, Bukan karena Muhammadiyah Tapi Gak Hafal

.

Muhammadiyah, kata Gus Baha, mengikuti pendapat fiqih Imam Abu Hanifah yang tidak qunut subuh. Sementara NU mengikuti pendapat Imam Syafi'i yang membaca doa qunut ketika Sholat Subuh.

"Kita juga sepakat dengan ilmunya, kita tahu Imam Abu Hanifah itu tidak qunut, Imam Syafi'i itu qunut," kata Gus Baha dalam satu ceramahnya.

BACA JUGA: Di Hadapan Gus Dur, Ratusan Warga NU Jadi Orang Muhammadiyah Gara-Gara Sholat Tarawih

Murid Mbah Moen itu mengatakan, tidak membaca doa Qunut adalah mazhab Imam Abu Hanifah, bukan mazhab KH Ahmad Dahlan, sang pendiri Muhammadiyah. Sementara membaca doa Qunut mengikuti Imam Syafi'i bukan mahzhab KH Hasyim Asyari, pendiri NU.

"Tidak qunut itu mazhabnya Imam Abu Hanifah bukan mazhabnya Mbah Ahmad Dahlan, kita (NU) qunut mazhabnya Imam Syafi'i bukan mahzhabnya Mbah Hasyim," kata Gus Baha.

BACA JUGA: Di Masjid Muhammadiyah Usai Sholat tak Ada Dzikir dan Doa Berjamaah, Ini Alasannya

Ulama Muhammadiyah, Ustadz Adi Hidayat (UAH) menjelaskan Muhammadiyah tidak mempersoalkan soal penggunaan doa Qunut...

× Image