Home > Hikmah

Syekh Ali Jaber: Sedekah Subuh Bebaskan Utang, Lancarkan Rezeki dan Didoakan Malaikat

Ada dua malaikat yang mendoakan orang yang bersedekah ketika Subuh.
Syekh Ali Jaber. Subuh disebut Syekh Ali Jaber sebagai waktu yang istimewa untuk bersedekah. Foto: Republika
Syekh Ali Jaber. Subuh disebut Syekh Ali Jaber sebagai waktu yang istimewa untuk bersedekah. Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Tujuan dan fadilah sedekah adalah bisa membersihkan dan melipatgandakan harta selain mendapatkan pahala. Sedekah juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tidak mengenal waktu dan tempat. Namun ada satu waktu istimewa untuk bersedekah, yakni saat Subuh.

Syekh Ali Jaber rahimahullah menerangkan, Subuh adalah saat yang tepat untuk bersedekah karena akan ada dua malaikat yang akan mendoakan. "Dari sekian banyak waktu untuk bersedekah, waktu yang paling istimewa adalah di waktu Subuh," kata Syekh Ali Jaber dalam satu ceramahnya.

BACA JUGA: Alasan Warga Muhammadiyah Sholat Subuhnya tak Pakai Doa Qunut

.

Namun mengapa Subuh, bukan waktu Dzuhur atau Ashar? Syekh Ali Jaber menerangkan, bersedekah bisa dilakukan setiap waktu dan tidak ada yang melarangnya dan membatasinya. Namun sedekah subuh ini termasuk sedekah yang terbaik. "Waktu yang paling utama untuk bersedekah," kata ulama yang wafat pada 14 Januari 2021 itu.

Keutamaan sedekah subuh ini terdapat dalam hadist, yang mengatakan, “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

"Makna dalam hadist di atas ialah, setiap subuh akan ada malaikat yang mendoakan kita agar rezeki kita terus mengalir dan lancar. Namun malaikat satunya lagi mendoakan agar kita miskin sebab kita enggan untuk mengeluarkan sedekah," kata Syekh Ali Jaber.

BACA JUGA: Doa Qunut Sholat Subuh, Arab, Latin, dan Artinya, Mengapa Muhammadiyah tak Amalkan Qunut?

Lalu bagaimana cara sedekah Subuh?

× Image