Home > Hikmah

Sholat Subuh tak Pakai Qunut, Muhammadiyah tidak Fatwakan Doa Qunut Bidah

Muhammadiyah tak mempersoalkan doa Qunut.
Doa Qunut saat Sholat Subuh. Ustadz Adi Hidayat menyebut Muhammadiyah tidak pernah mempersoalkan penggunaan doa qunut. Foto: Republika
Doa Qunut saat Sholat Subuh. Ustadz Adi Hidayat menyebut Muhammadiyah tidak pernah mempersoalkan penggunaan doa qunut. Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Saat Sholat Subuh, warga Muhammadiyah tidak mengamalkan atau membaca doa Qunut. Ini tentu berbeda dengan sebagian umat Islam di Indonesia, seperti dari warga Nahdlatul Ulama (NU) yang membaca doa Qunut saat sholat Subuh. Meski tidak mengamalkan doa Qunut, Muhammadiyah tidak mengeluarkan fatwa kalau doa Qunut adalah bid'ah.

Memang warga Muhammadiyah dianggap berbeda dengan umat Islam di Indonesia, salah satunya soal penggunaan doa qunut saat Sholat Subuh. Ustadz Adi Hidayat (UAH) menjelaskan Muhammadiyah tidak mempersoalkan soal penggunaan doa Qunut.

"Qunut, di Muhammadiyah tidak mempersoalkan qunut," kata UAH di dalam satu ceramahnya.

.

BACA JUGA: Alasan Warga Muhammadiyah Sholat Subuhnya tak Pakai Doa Qunut

Bahkan, UAH menyebut tidak menemukan fatwa bid'ah dari Muhammadiyah tentang doa Qunut. "Saya belum pernah menemukan di Majelis Tarjih Muhammadiyah menfatwakan qunut bidah, kecuali wahabi. Tak pernah saya temukan (fatwa bidah soal doa qunut dari Muhammadiyah)," kata UAH.

Bahkan, kata UAH, faktanya saat sholat berjamaah saat imam memakai doa qunut ketika sholat subuh, jamaah di belakang tetap mengaminkan. "Ketika imamnya di depan tidak qunut makmumnya di belakang tidak perlu sujud sahwi. Di tataran konsep di atas sudah selesai," kata UAH.

BACA JUGA: Doa Qunut Sholat Subuh, Arab, Latin, dan Artinya, Mengapa Muhammadiyah tak Amalkan Qunut?

UAH berpendapat alasan sering terjadi perbedaan di masyarakat tentang tata cara beribadah, lantaran belum tuntas informasi dari atas ke akar rumput atau jamaah di bawah. "Apa yang menyebabkan informasi tidak tuntas informasi di bawah karena belum tampilnya dan disemarakannya dakwah seperti Gus Baha, Gus Qoyum, di Muhammadiyah ada kami dan teman-teman yang lain," kata UAH.

Gus Baha pun menjelaskan angkat bicara mengapa orang Muhammadiyah tidak memakai doa qunut...

× Image