Home > Budaya

Mitos Orang Jawa Saat Gerhana, Ibu Hamil Wajib Sembunyi di Kolong Tempat Tidur

Gerhana Penumbra akan terjadi pada Jumat, 5 Mei 2023.
Gerhana Penumbra. Dalam budaya masyarakat Jawa gerhana terjadi karena bulan dimakan Batara Kala.
Gerhana Penumbra. Dalam budaya masyarakat Jawa gerhana terjadi karena bulan dimakan Batara Kala.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Malam ini, Jumat (5/5/2023) seluruh wilayah Indonesia akan dilalui fenomena gerhana bulan penumbra. Gerhana dimulai pukul 21.15 WIB dengan puncak gerhana terjadi pada pukul 23.24 WIB dan selesai pukul 01.30 WIB pada Sabtu (6/5/2023).

Gerhana bagi orang Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, adalah peristiwa yang lekat dengan cerita mitos. Bahkan mitos tentang gerhana membuat masyarakat Jawa yang percaya akan ketakutan setengah mati.

Pasalnya menurut kepercayaan masyarakat Jawa, gerhana dipercaya muncul karena kehadiran Batara Kala yang memakan bulan atau matahari. Menurut Suwandono dan kawan-kawan dalam Ensiklopedi Wayang Purwa (1991: 265), Batara Kala adalah putra dewa tetapi berwujud raksasa karena terkena kutukan.

.

BACA JUGA: Sejarah Rebo Wekasan dan Mitos Puasa Tolak Bala dalam Tradisi Jawa dan Ajaran Islam

Batara Kala adalah sosok raksasa jahat yang mengincar nyawa manusia, terutama anak-anak. Batara Kala diceritakan diam-diam terbang ke surga dan mencuri Tirta Amertasari alias air abadi yang dipercaya bagi siapa saja yang meminum air tersebut akan hidup selamanya.

Aksi pencurian Batara Kala itu diketahui Batara Surya (Dewa Matahari) dan Batara Candra (Dewa Bulan). Kedua dewa tersebut melaporkan aksi pencurian Batara Kala kepada pemimpin para dewa, yakni Batara Guru.

BACA JUGA: Mitos di Pelabuhan Ratu: Dari Kamar Nyi Roro Kidul Sampai Pantangan Pakai Baju Hijau

Batara Guru mengutus Batara Wisnu (Dewa Pemelihara Alam/Pelindung) untuk menghentikan perbuatan Batara Kala. Belum sempat Tirta Amertasari sampai tertelan oleh Batara Kala, Batara Wisnu langsung menebas batang leher Batara Kala.

Tubuh Batara Kala jatuh ke bumi, sementara kepalanya tetap melayang di angkasa. Karena itu Batara Kala sangat dendam kepada Batara Surya dan Batara Candra dan selalu mencoba menelan kedua dewa itu setiap ada kesempatan.

BACA JUGA: Meluruskan Mitos Hantu Si Manis yang Bikin Jembatan Ancol Jadi Angker

Masyarakat Jawa percaya ibu hamil wajib bersembunyi di kolong tempat tidur saat gerhana terjadi, alasannya...

× Image