Home > Hikmah

Menu Buka Puasa Ramadhan Rasulullah Muhammad SAW

Selain kurma, Nabi Muhammad SAW punya menu favorit untuk berbuka.
Rasulullah Muhammad Shalallahu Alahi Wassalam (SAW) senang berbuka dengan kurma.
Rasulullah Muhammad Shalallahu Alahi Wassalam (SAW) senang berbuka dengan kurma.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ketika adzan Maghrib berkumandang, umat Islam yang berpuasa disarankan untuk segera berbuka. Sepanjang Ramadhan, Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) menganjurkan beberapa makanan sebagai makanan buka puasa atau iftar. Namun Nabi Muhammad SAW punya menu favorit untuk berbuka puasa. Apa saja ya?

1. Kurma
Dalam hadis riwayat At-Tirmizi dijelaskan, “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmizi).

Kurma memang makanan pokok masyarakat di Timur Tengah. Makanan ini banyak manfaatnya, salah satunya kembali menguatkan tubuh setelah puasa seharian.

.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Pastor Girang Gak Jadi Diserang Harimau, Ternyata Lagi Baca Doa Makan

Rasulullah berkata sebaik-baiknya menu sahur orang mukmin adalah kurma. Sementara kurma sebagai menu berbuka puasa ini didukung oleh pernyataan Ali al-Qori ulama madzhab hanafi mengutip keterangan at-Thibi:

وإنما مدح التمر في هذا الوقت لأن في نفس السحور بركة وتخصيصه بالتمر بركة على بركة إذا فطر أحدكم فليفطر على تمر فإنه بركة ليكون المبدوء به والمنتهى إليه البركة

“Dianjurkan menggunakan kurma di waktu sahur, karena sahur sendiri adalah keberkahan. Dan dikhususkan kurma, sehingga menjadi keberkahan bertumpuk keberkahan. Apabila kalian berbuka, hendaknya dia berbuka dengan kurma, karena kurma itu berkah. Sehingga mengawali buka dengan berkah, dan ujungnya juga berkah.” (Mirqah al-Mafatih, 6/306).

BACA JUGA: Kiai NU Tanya Kenapa Gak Doa Qunut Subuh, Pemuda Jawab Bukan karena Muhammadiyah Tapi Gak Hafal

2. Madu
Dalam Alquran dijelaskan madu adalah segala obat. Rasulullah pun menjadikan madu sebagai salah satu pilihan menu buka puasa.

3. Buah Anggur

Salah satu buah favorit Rasulullah adalah anggur. Karena itu anggur menjadi makanan buka puasa Rasulullah. Apalagi buah anggur punya khasiat yang tidak main-main, yakni sebagai penguat jantung, liver, dan paru-paru.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gara-Gara Bayangin Dikejar Tentara Israel, Sprinter Suriah Raih Medali Emas Olimpiade

4. Air Putih
Saat buka puasa dianjurkan meminum segelas air putih. Minuman ini pun masuk dalam daftar menu kesukaan Nabi Muhammad. Tujuannya agar badan terhindar dari dehidrasi dan juga bisa menyehatkan ginjal.

5. Susu
Segelas susu tidak hanya menjadi menu sahur, tetapi juga menu berbuka puasa Rasulullah. Kandungan susu sapi, kambing, atau unta memiliki vitamin yang dapat menjaga kebugaran tubuh seharian karena mengandung protein dan kalsum yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Savefrom.net, Download Video TikTok tanpa Watermark Kualitas HD, Gratis dan Praktis

× Image