Home > Hikmah

Sudah Sholat Tarawih dan Witir, Bolehkah Sholat Malam? Ini Doa Sholat Tahajud, Arab, Latin, dan Arti

Tahajud adalah salah satu ibadah yang dianjurkan Rasulullah.
Sholat Tahajud boleh dikerjakan meski sudah sholat tarawih.
Sholat Tahajud boleh dikerjakan meski sudah sholat tarawih.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Shalat Tarawih adalah sholat istimewa yang hanya ada pada malam Ramadhan. Sholat Tarawih adalah pengganti dari sholat malam atau sholat tahajud yang dikerjakan lebih awal setelah sholat Isya. Lantas apakah sudah Sholat Tarawih dan Witir apakah masih boleh melaksanakan sholat tahajud?

Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah yang diperintahkan Rasulullah. Bahkan, Sholat Tahajud memiliki segudang keutamaan sehingga tidak apa-apa jika ingin sholat Tahajud di tengah malam sebelum sahur walaupun sudah Sholat Tarawih dan Witir.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Kelelahan Saat Istri Ketagihan Bunuh Orang Kafir di Malam Pertama

.

Dalam buku Bekal Ramadhan dan Idul Fithri 3 : Tarawih dan Witir karya Saiyid Mahadir yang terbit pada 2019 dijelaskan, tahajud merupakan sholat yang dikerjakan setelah bangun di tengah malam. Tahajud dan Tarawih masuk kategori qiyamul lail, hanya saja sholat Tarawih hanya disunnahkan ketika Ramadhan, tidak di hari yang lain.

"Umumnya para ulama membolehkan melaksanakan sholat Tahajud setelah Tarawih, karena akhir malam adalah waktu paling baik beribadah pada Allah SWT dan berdoa," tulis Saiyid.

BACA JUGA: Kisah Sadis di Balik April Mop, Dibantainya Umat Islam Spanyol (Andalusia)

HR Muslim dari Ibnu Abbas, menjelaskan Sholat Tahajud boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah. Sholat Tahajud diawali dengan Sholat Iftitah dua rakaat. (Berdasarkan HR. Muslim, Ahmad dan Abu Daud dari Abu Hurairah).

Doa tahajud ada di halaman selanjutnya...

× Image