Home > Hikmah

Doa Menyambut Ramadhan 2023, Arab dan Artinya

Puasa Ramadhan wajib untuk umat Islam yang sudah baligh.
Umat Islam sedang berdoa. Ada doa yang dianjurkan untuk menyambut datangnya Ramadhan. Foto: Republika.
Umat Islam sedang berdoa. Ada doa yang dianjurkan untuk menyambut datangnya Ramadhan. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Bulan Ramadhan 2023 sudah di depan mata. Sebagai tanda syukur, seorang Muslim diajarkan berdoa menyambut kedatangan bulan suci di mana seluruh amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya.

Dalam Surah al-Baqarah Ayat 183 menjelaskan tentang hukum wajibnya seorang Muslim yang sudah baligh untuk puasa satu bulan penuh selama Ramadhan.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa”. (QS. al-Baqarah, 2:183).

BACA JUGA: Polemik Lina Mukherjee Makan Babi Sambil Baca Bismillah, Gus Mus: Korupsi Lebih Najis daripada Makan

Selain akan mendapatkan limpahan pahala, Rasulullah dalam sebuah hadist bersabda jika umat Islam yang berpuasa pada bulan Ramadhan akan diampuni dosanya.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a., Nabi SAW bersabda: “Siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).

BACA JUGA: Rasulullah Gunakan Rukyat, Mengapa Muhammadiyah Memakai Hisab? Ini 9 Alasannya

Lalu apa doa menyambut Ramadhan?

× Image