Home > News

Siapa Itu Erick Thohir, Ketua Umum PSSI yang Baru Terpilih?

Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI ke-20.
Erick Thohir yang terpilih menjadi ketua umum PSSI, bukan anak bau kencur di dunia sepak bola. Foto: Republika.
Erick Thohir yang terpilih menjadi ketua umum PSSI, bukan anak bau kencur di dunia sepak bola. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) punya ketua umum baru, Erick Thohir namanya. Erick Thohir terpilih sebagai ketua umum ke-20 sepanjang sejarah berdirinya PSSI. Meski kiprahnya di dunia olahraga Indonesia sudah luar biasa, siapa sebenarnya Erick Thohir?

Erick Thohir dikenal sebagai seorang pengusaha. Pria yang kelahiran 30 Mei 1970 itu sejak 2019 menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia. Ia juga menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional sejak tahun yang sama. Sebelumnya Erick Thohir menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia pada 2015 dan 2019.

BACA JUGA: GB WhatsApp Pro Apk Clone dan Unclone v14.10 Punya Fitur Mirip Instagram, Gratis dan Simpel

Sebelum ditetapkan sebagai Ketua Umum PSSI, Erick juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006–sekarang.

Pada 2012, Erick Thohir dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London. Pada tahun 2018, ia kembali dipercaya untuk menjadi ketua panitia penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

BACA JUGA: Sultan-Sultan Muda, Raffi Ahmad, Atta, Kaesang Hingga Baim Wong, Dukung Erick Thohir Jadi Ketua PSSI

Namanya di kancah olahraga nasional kian mengangkasa setelah sukses menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC). Kesuksesannya di INASGOC mengantarkanya menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 hingga mengantarkannya sebagai Menteri BUMN. Sebagai seorang penguasaha, Erick Thohir juga menjabat Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah sejak 23 Januari 2021.

Erick Thohir mulai dikenal masyarakat luas setelah mendirikan Maha Group, perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Salah satu unit usaha Mahaka yang membuat Erick Thohir dikenal luas, khususnya umat Islam adalah Harian Republika. Di dunia olahraga, Erick Thohir yang penggemar basket juga memiliki saham di klub Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Satria Muda Pertamina dan pernah menjadi pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers. Ia menjadi orang Asia pertama yang pernah memiliki Tim bola basket NBA.

BACA JUGA: Bintang Emon: Kalo Polisi Bisa Jadi Ketua PSSI, Ismed Sofyan Harusnya Bisa Jadi Kapolri

Maju sebagai calon ketua umum PSSI, Erick Thohir bukan tanpa bekal. Di kancah sepak bola, Erick Thohir bukan anak bau kencur. Pada 2013 Erick Thohir yang memimpin International Sport Capital pada 2013 menjadi pemegang saham mayoritas atau 70 persen klub Italia, Inter Milan.

Erick Thohir Cs mengakuisisi Inter Milan dari pemilik sekaligus presiden klub sebelumnya, Massimo Moratti. Tak main-main setelah itu Erick Thohir didapuk menjadi Presiden Inter Milan, raksasa Liga Italia Serie-A tersebut hingga 2018.

BACA JUGA: Mengapa Persija Jakarta Berjuluk "Macan Kemayoran", Bukan "Si Pitung"?

Namun pada 2016, Erick Thohir melepas kepemilikan mayoritasnya di klub tersebut kepada perusahaan China, Suning Holdings Group Co. Dua tahun kemudian atau 2018, jabatan presiden klub diserahkannya kepada Steven Zhang. Masih di dunia sepak bola, Erick Thohir memperluas jaringannya dengan memiliki klub sepak bola Amerika (MLS), DC United pada 2012.

Di kancang sepakbola Indonesia, Erick Thohir juga ikut andil dalam memiliki saham di Persis Surakarta sejak 2021. Antara tahun 2009 dan 2019 ia menjadi Wakil Komisaris Utama di Persib Bandung. Ia juga pernah menjadi manajer Persija Jakarta antara tahun 1997 hingga awal tahun 2000-an.

BACA JUGA: Sejarah Persija dan Tugas Berat Sudirman Latih Macan Kemayoran

× Image