Home > Hikmah

Teori Bumi Datar (Flat Earth) Dibantah Gus Baha: Bumi Jelas Berbentuk Bulat, Makna Hamparan adalah..

Gus Baha menjelaskan makna hamparan yang disebutkan dalam Alquran.
Gus Baha menjelaskan tentang teori bumi bulat berdasarkan Alquran. Foto: IST.
Gus Baha menjelaskan tentang teori bumi bulat berdasarkan Alquran. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Siapa yang percaya jika bumi itu bulat? Atau masih ada yang percaya dengan teori bumi itu datar (flat earth)? Memang perdebatan apakah bumi itu bulat atau datar tidak rampung hingga sekarang. Jika berbicara secara ilmu pengetahuan, jelas bumi disebut berbentuk bulat seperti bola. Namun apakah itu benar? Agar Sedulur tidak bimbang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim alias Gus Baha memberikan penjelasan berdasarkan Alquran.

Dalam satu ceramahnya Gus Baha menjelaskan tentang bentuk bumi dengan mengulas arti hakikat dan istilah, sehingga mudah dipahami. Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 86 yang menceritakan kisah Raja Dzulkarnain, Gus Baha menjelaskan Raja Dzulkarnain melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam.

BACA JUGA: Gus Baha: Andai Tahlilan Baik Pasti Dilakukan Sahabat, Gak Mungkin Kan Sahabat Nahlili Nabi Muhammad

Gus Baha berkata, Alquran menyebutkan matahari bisa tenggelam di dalam laut, padahal faktanya ukuran matahari jauh lebih besar dari bumi, bahkan letaknya ada di luar angkasa. Menurut Gus baha, bukan mataharinya yang tenggelam, melainkan pandangan Raja Dzulkarnain lah yang melihat matahari tenggelam.

"Hal ini menjadi perdebatan di kalangan mufassir tentang apakah sifat-sifat Allah (yang disebutkan dalam firman-firman-Nya) dapat dipahami secara hakikat atau yang manusia kenali (mashadiqul lafdzi)," kata Gus Baha.

BACA JUGA: KH Ahmad Dahlan KH Hasyim Asyari Bersahabat, Muhammadiyah dan NU Sebenarnya Satu Guru Satu Ilmu

Gus Baha lalu memberikan contoh dalam Surah Muhammad ayat 7, yang berbunyi...

× Image