Home > Hikmah

Cak Nun Sebut Jokowi Firaun, Siapa Firaun yang Mengaku Tuhan dan Perbudak Bani Israel?

Firaun mengaku Tuhan dan memperbudak Bani Israel di era Nabi Musa.

Mumi Firaun. Firaun di era Nabi Musa Alahis Salam disebut sebagai Firaun Ramses II memerintah hingga tahun 1212. Foto: Republika
Mumi Firaun. Firaun di era Nabi Musa Alahis Salam disebut sebagai Firaun Ramses II memerintah hingga tahun 1212. Foto: Republika

CAK NUN SEBUT PRESIDEN JOKOWI FIRAUN

Budayawan Muhammad Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun trending di Twitter. Penyebabnya lantaran sebuah video yang beredar di mana Cak Nun menyinggung soal kepemimpinan di Indonesia. Di video itu Cak Nun menyebut Indonesia telah dikuasai sebuah sistem kekuasaan yang kuat seperti Firaun, Qorun, dan Hamman.

Ketiga tokoh di era Nabi Musa Alaihis Salam tersebut kemudian Cak Nun cocokan dengan para pemimpin Indonesia yang sedang menjabat. Cak Nun menyebut Presiden Jokowi seperti Firaun, Anthony Salim sebagai Qorun dan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Hamman.

BACA JUGA: Cak Nun: Gus Dur Itu Orang Muhammadiyah, Tapi Jadi Kiai di NU

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga terus Haman yang namanya Luhut," ucap Cak Nun dalam potong video saat sedang mengisi kajian Maiyah di Bangbang Wetan, Surabaya. Di dalam video itu terlihat video kajian itu dibuat pada Januari 2023.

"Negara kita itu sesempurna dicekel cek wis gaono bocor-bocore oleh Firaun Haman dan Qorun itu seluruh sistem perangkat alat-alat politiknya sudah dipegang mereka semua, kon milih sopo wae ngko wis ono sik menang, nah itu dewasa tegak monggo tapi pokoknya....," terangnya dalam potongan video itu.

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

Can Nun menyebut semua sistem di Negara Indonesia dikuasai tiga orang tersebut. Termasuk uang dan otoritasnya.

Ucapan Cak Nun pun menuai kontroversi. Bahkan sahabat Gus Dur tersebut masuk dalam trending topic di Twitter. Banyak netizen yang mendukung dan setuju dengan pernyataan Cak Nun, tetapi tidak sedikit yang mencemooh ayah dari vokalis band Letto, Sabrang.

BACA JUGA: Antara Cap Wahabi dan Sunnah Nabi, Haruskah Laki-Laki Muslim Memakai Celana Cingkrang?

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download GB WhatsApp Terbaru 2023, Gratis Bisa Baca Pesan yang Sudah Dihapus

> SnapTik.App, Download Ribuan Video Viral TikTok, Bebas Watermark, Gratis Bisa dari HP Android

> Download Video TikTok Bebas Watermark, Gratis Pakai SssTikTok

> Savefrom.net: Download Lagu YouTube, Instagram, dan TikTok, Gratis Pakai Sepuasnya

> Arab Saudi Menghijau Disebut Tanda Akhir Zaman, Begini Jawaban Rasulullah Saat Ditanya Kapan Kiamat

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image