Home > Sejarah

Bukan Hanya Argentina, Indonesia Juga Pernah Bikin Prancis Dapat Kekalahan Menyakitkan

Pada 1815 Kekaisaran Prancis kalah perang gara-gara Gunung Tambora meletus yang mengubah iklim dunia.
Pasukan Prancis. Kekaisaran Prancis kalah dalam perang melawan Belanda-Inggris-Jerman gara-gara meletusnya Gunung Tambora di Sumbawa, Indonesia. Foto; IST.
Pasukan Prancis. Kekaisaran Prancis kalah dalam perang melawan Belanda-Inggris-Jerman gara-gara meletusnya Gunung Tambora di Sumbawa, Indonesia. Foto; IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Rakyat Prancis tengah berduka setelah tim nasionalnya kalah di babak final Piala Dunia 2022 Qatar. Prancis kalah dari Argentina setelah bermain imbang 3-3 dalam waktu 120 menit. Namun, tahukah Sedulur, ternyata bukan hanya Argentina saja yang bikin Prancis hancur lebur. Indonesia ternyata pernah membuat Prancis menjadi pecundang karena kalah perang dari Belanda. Kok bisa?

Sedulur perlu tahu, Prancis pernah menjajah Indonesia selama lima tahun, dari 5 Januari 1808 hingga 18 September 1811. Setelah itu kekuasaan Indonesia berada di tangan Inggris pada 1811 sampai 1815, sebelum akhirnya Negeri Ratu Elizabeth itu mengembalikan kekuasaan wilayah Indonesia kepada Belanda pada 1815.

BACA JUGA: Bela Argentina atau Prancis di Final Piala Dunia 2022? Ingat Prancis Pernah Menjajah Indonesia Lho

Eropa saat itu hancur karena peperangan yang disulut Napoleon. Sebuah penaklukan dan revolusi yang menggeser politik, hubungan, dan dinamika di antara kekaisaran dan negara Eropa, yang berdampak pada koloni mereka di Timur Jauh.

Prancis berkuasa lewat perantara. Masa kolonial Prancis di Hindia Belanda (kini Indonesia) dimulai ketika kekuasaan Kerajaan Belanda di Eropa tunduk kepada Kekaisaran Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte. Bahkan, Napoleon menunjuk keponakannya Lodewijk Napoleon untuk menjadi Raja Belanda yang kemudian diganti menjadi Republik Batavia.

BACA JUGA: Kisah Pergundikan Pria Belanda dengan Nyai Pribumi, Lahirlah Anak Blasteran Indo-Eropa

Belanda di bawah Napoleon Bonaparte pada 1806, mengawasi Republik Batavia menjadi Persemakmuran Batavia dan kemudian dibubarkan dan digantikan oleh Kerajaan Hollandia, sebuah kerajaan boneka Prancis yang diperintah Louis Bonaparte. Akibatnya Hindia Timur selama masa tersebut diperlakukan sebagai koloni Prancis proksi, diperintah melalui perantara Belanda.

Prancis yang membutuhkan uang dan SDM untuk membiayai perang, memanfaatkan negara-negara yang sudah ditaklukkannya untuk mengekspansi seluruh Benua Biru. Termasuk wilayah yang menjadi jajahan negara-negara yang sudah ditaklukkan Prancis. Salah satunya Belanda yang punya wilayah kekuasaan di Hindia Belanda.

BACA JUGA: Cuci Mata Nonton Cewek Blasteran Indo Belanda Main Basket di Lapangan Banteng

× Image