Home > News

Bogor Daerah Perbukitan, Mengapa Bisa Punya Dermaga?

Kampung Dramaga Bogor ternyata dulunya adalah Pelabuhan Kerajaan Pakuan Pajajaran.
Pelabuhan atau Darmaga yang merupakan wilayah Kerajaan Pakuan Bogor.
Pelabuhan atau Darmaga yang merupakan wilayah Kerajaan Pakuan Bogor.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Kampung Dramaga di Bogor bukan sekadar nama. Wilayah di mana saat ini berdiri Kampus Institut Pertanian Bogor (ITB) itu dulunya memang sebuah dermaga alias pelabuhan. Pertanyaannya, kok bisa Bogor yang wilayah pegunungan memiliki sebuah pelabuhan? Di mana lautnya?

Pertanyaan itu bisa dijawab jika Sedulur membayangkan di bawah jembatan Cihideung Udik dekat Kampus IPB pada masa Pakuan Pajajaran terdapat pelabuhan penting. Di pelabuhan inilah arus barang dibawa dengan prau (perahu). Komoditasnya terdiri dari lada, kopi dan kapulaga. Komoditas-komoditas ini melalui kali Cihideung dibawa ke Sunda Kalapa.

BACA JUGA: Kenapa Belanda Banyak Membangun Istana dan Villa di Bogor?

Dalam gambar tampak Kampung Dermaga, Bogor yang sejak 1 September 1963 berdiri Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampung ini letaknya di barat laut kota Buitenzorg (Bogor). Johannes Rach, seorang perwira dan juga pelukis VOC mengambil gambar kampung Dermaga pada 1772 saat mengikuti perjalanan Gubernur Jenderal Van der Parra meninjau kegiatan arus barang komoditas di Dermaga.

Gubernur Jenderal sendiri bersama istrinya dalam gambar ini tampak tengah dipayungi saat menuju Dermaga Kali Cihideung. Kala itu angkutan di dominasi melalui air (sungai).

BACA JUGA: Hubungan Tugu Kujang dengan Prabu Siliwangi yang tak Tertandingi

Dalam gambar tampak sepasukan tentara... baca di halaman selanjutnya...

× Image