Home > Humor

Humor Gus Dur: Baru Juga Dapat Motor, Kiai NU Nabrak Rumah karena Ngerem Pakai Kaki

Kiai Wahab mengaku kepada Gus Dur tidak tahu di mana letak rem motor barunya tersebut.
Humor Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita seorang kiai yang mencoba motor baru tetapi menabrak rumah karena ngerem pakai kaki. Foto: IST.
Humor Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita seorang kiai yang mencoba motor baru tetapi menabrak rumah karena ngerem pakai kaki. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... KH Abdurrahman Wahid terkenal senang bersilaturhim. Termasuk silaturahim kepada kiai-kiai NU yang berada di daerah terpencil. Kebiasaan ini yang membuat Gus Dur tidak tergoyahkan sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Cerita bermula saat dalam gelaran Muktamar NU pada 1989 di Krapyak, Yogyakarta, Gus Dur banyak diserang dengan sangat tajam dalam acara pertanggungjawabannya sebagai Ketua Tanfidziah. Namun, Gus Dur tetap dengan mudah kembali terpilih untuk memimpin NU, secara aklamasi.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Kesal Jalan-Jalan ke Jakarta, Kencing Saja Ternyata Harus Bayar Mahal

Gus Dur terpilih secara aklamasi karena sering bersilaturahim ke sejumlah kiai, bahkan yang rumahnya terpencil yang punya pengaruh besar dalam menentukan siapa yang bakal menjadi Ketua Tanfidziyah PBNU. Ketika menyambangi salah seorang kiai itu, ada cerita lucu yang didapatkan Gus Dur.

Kiai Wahab Sulang dari Rembang, kiai yang populer di kalangan pengikutnya. Namun Kiai Wahab memiliki istri seorang anggota DPRD yang sering menghadiri acara-acara non-santri di berbagai kesempatan.

Suatu hari...

× Image