Home > Sejarah

Di Gedung Ini NU dan Muhammadiyah "Menikah" Hingga Melahirkan Masyumi

Ormas Islam pernah membentuk Partai Masyumi sebagai langkah terjun ke dunia politik.
Gedung Kantor Madjlis Islam Alaa Indonesia (MIAI). Di gedung ini, Muhammadiyah dan NU serta sejumlah ormas Islam lainnya berkumpul membentuk Masyumi. Foto: IST.
Gedung Kantor Madjlis Islam Alaa Indonesia (MIAI). Di gedung ini, Muhammadiyah dan NU serta sejumlah ormas Islam lainnya berkumpul membentuk Masyumi. Foto: IST.

CERITA ABAH: Artikel ini adalah warisan berupa tuturan dari sejarawan sekaligus wartawan senior (Almarhum) Alwi Shahab kepada kami dan kami tulis ulang. Selamat Menikmati.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam banyak kesempatan disebut memiliki banyak sekali perbedaan. Mulai dari bab fiqih hingga arah perpolitikan. Namun siapa sangka NU dan Muhammadiyah pernah "menikah" hingga melahirkan Masyumi.

Inilah bangunan Bataviaasche Kunstkring yang menjadi saksi pernikahan NU dan Muhammadiyah. Gedung yang telah berusia lebih satu abad (dibangun pada 1913) ini terletak di Jl Teuku Umar No 1, Jakarta Pusat, gedung Perkumpulan Kesenian Batavia ketika diresmikan dan dimeriahkan oleh pergelaran opera dari Eropa.

BACA JUGA: Download WhatsApp GB (WA GB) Terbaru di Sini: Lebih Kaya Fitur, Aman dan Anti-banned

Bekas gedung kesenian yang hingga kini masih berdiri dengan tegak ini memiliki ciri khas seperti terlihat di foto selama pendudukan Jepang (1942-1945) adalah lengkungan pintu, jendela, balkon,arkadia, dan menara. Gedung ini berdiri di atas tanah seluas 0,3 hektare dengan bangunan 731 meter persegi. Merupakan bangunan pertama yang menerapkan teknologi beton bertulang.

Gedung bersejarah ini pernah telantaran kemudian diselamatkan ketika diambil alih oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI. Ia juga merupakan awal pembangunan kawasan Menteng.

BACA JUGA: Orang Arab Panggil Jamaah Haji Indonesia "Siti Rahmah" Ternyata Bentuk Penghormatan

× Image